MINAT PEMBELIAN KEMBALI : PENGARUH E-TRUST PADA PENGGUNA MARKET PLACE LAZADAn Kembali: Pengaruh E-Trust Pada Pengguna Market place Lazada

Dita Octa Pangesti, Yuli Putri Hasanah, Bellin Nabiilah Alfatah, Zulfa Fahmy, Khairani Zikrinawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh E-trust terhadap online repurchase intention pada pengguna aplikasi lazada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan menyebarkan kuesioner kepada subjek melalui media google form. Kuesioner yang kami gunakan berbentuk skala likert yang berisi pertanyaan dengan 5 pilihan opsi jawaban. Sampel yang penelitian ini berjumlah 129 responden yang terdiri dari usia 15-29 tahun. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan software SPSS dan juga Jamovi. Analisi data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa E-trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap online repurchase intention pada pengguna aplikasi lazada dengan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05 dan juga nilai R2  sebesar 0,400 yang berarti e-trust berpengaruh positif pada online repurchase intention sebesar 40%


Keywords


E-trust, online repurchase intention

References


Adelia, S. (2018). Pengaruh Online Promotion Terhadap Repurchase Intention Dengan Consumer Perception Sebagai Mediasi Pada Travel Online. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2), 94–100. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.2.94-100

Anwar, R., & Adidarma, W. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Risiko Pada Minat Beli Belanja Online. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwajaya, 14, 2.

Dewi, I. G. A. P. R. P., & Ekawati, N. W. (2019). Peran Kepuasan Konsumen Memediasi Pengaruh Brand Image Terhadap Repurchase Intention. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(5), 2722. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i05.p05

Diponugroho, A., & Santoso, S. B. (2015). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kemampuan Inovasi terhadap Minat Beli Ulang dengan Daya Tarik Produk Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Parlour Café Semarang). Diponegoro Journal of Management, 4(3), 1–9.

Fikriyah, S. (2021). Pengaruh E-Service Quality dan E-WOM Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online dengan Mediasi E-Trust.

Hidajat, K., & Damayanti, W. (2022). dimediasi oleh electronic word of mouth ( E †WOM ) Pendahuluan. 6(2), 168–177.

Iskandar, I., & Bernarto, I. (2021). The Influence Of Website Design Quality, Perceived Value and E-Trust On Repurchase Intention On E-Commerce Beauty Haul. Frontiers in Neuroscience, 14(1), 1–13.

Jayaputra, R., & Kempa, S. (2022). Pengaruh E-Service Quality dan E-Trust Terhadap Repurchase Intention Melalui E-Customer Satisfaction Pada Pengguna Shopee Food. AGORA, 10(1).

Kadek Iman Yudi Prasetya, Anak Agung Dwi Widyani, T. V. (2022). Jurnal EMAS. Jurnal Emas, 3(11), 49–58.

Kartono, R. A., & Halilah, I. (2018). Pengaruh E-Trust Terhadap E-Loyalty (Studi Pada Seller Di Bukalapak). Polban IRWNS, 1(1), 1204–1213.

Kurniasari, & Widayanto. (2021). Pengaruh E-Service Quality Dan E-Trust Terhadap Repurchase Intention (Studi Pada Pengguna Lazada Mahasiswa FISIP Undip). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 900–905. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.29900

Kusmita, A. C., Farida, N., & Saryadi, S. (2022). Pengaruh E-Trust dan E-Service Quality Terhadap Online Repurchase Intention Melalui E-Satisfaction (Pada Mahasiswa S1 FISIP yang Pernah Berbelanja di Lazada). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(3), 1307–1318. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.32135

Listiyana, Alvin, R., & Qomariah, N. (2022). Effect of E-Service Quality on Online Repurchase Intention with E-Trust as a Mediator for Tokopedia users ( Study on Tokopedia Instagram Followers ) Pengaruh E-Service Quality Terhadap Online Repurchase Intention dengan E-Trust sebagai mediator pada Pengg. Jurnal Multidisiplin Madina, 2(4), 2007–2028.

Mardiah, A., & Anugrah, H. (2020). Pengaruh Orientasi Belanja, Kepercayaan, Dan Pengalaman Pembelian Terhadap Minat Beli Ulang Secara Online the Effect of Shopping Orientation, Trust, and Purchase Experience on Online Re-Buying Interest. Menara Ilmu, 14 No. 02(02), 1–11.

Megantara, I. M. T., & Suryani, A. (2016). Penentuan Niat Pembelian Kembali Penentu Niat Pembelian Kembali Tiket Pesawat Secara Online Pada Situs Traveloka.com. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 5(9), 5783–5810.

Miao, M., Jalees, T., Zaman, S. I., Khan, S., Hanif, N. ul A., & Javed, M. K. (2022). The influence of e-customer satisfaction, e-trust and perceived value on consumer’s repurchase intention in B2C e-commerce segment. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 34(10), 2184–2206. https://doi.org/10.1108/APJML-03-2021-0221

Muchlis, Gatot Wijayanto, & Komita, S. E. (2021). Pengaruh E-Satisfaction dan E-Trust terhadap Repurchase Intention Melalui E-Word of Mouth (E-Wom) sebagai Variabel Intervening E-Commerce Buka Lapak pada Generasi Millenial. Jurnal Ekonomi KIAT, 32(1), 18–29. https://doi.org/10.25299/kiat.2021.vol32(1).7404

Nurhayati, T., & Hendar, H. (2020). Personal intrinsic religiosity and product knowledge on halal product purchase intention: Role of halal product awareness. Journal of Islamic Marketing, 11(3), 603–620. https://doi.org/10.1108/JIMA-11-2018-0220

Parastanti, G. P., Kumadji, S., & Hidayat, K. (2014). Pengaruh Prior Online Purchase Experience Terhadap Trust Dan Online Repurchase Intention (Survey pada Pelanggan ZALORA Indonesia Melalui Website www.zalora.co.id). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 16(1), 1–7.

Prahiawan, W., Fahlevi, M., Juliana, J., Purba, J. T., & Tarigan, S. A. A. (2021). The role of e-satisfaction, e-word of mouth and e-trust on repurchase intention of online shop. International Journal of Data and Network Science, 5(4), 593–600. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2021.8.008

Pratiwi, A. A. N. E. (2020). The Role of Prestige in Mediating the Influence of Perceived Quality and Price Fairness on the Intention to Repurchase Online-base Fashion Products. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(SP5), 1507–1514. https://doi.org/10.5373/jardcs/v12sp5/20202072

Prisanti, D. M., Suyadi, I., & Arifin, Z. (2017). Pengaruh E-Service quality dan e-trust terhadap e-qustomer satisfaction serta implikasinya terhadap e-customer loyality (Studi pada Nasabah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Pembantu Lawang). Journal of Business Studies, 19(1), 2443–3837. http://keuangan.kontan.co.id

Progrm, N. P., Manajemen, S., Pgri, S., & Jombang, D. (2021). Pengaruh E-Trust Dan Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Tokopedia Di Jombang). Jurnal EK&BI, 4, 2620–7443. https://doi.org/10.37600/ekbi.v4i2.357

Purnami, N. M., & Nurcaya, I. N. (2015). Pengaruh e-trust, Perceived usefulness dan e-satisfaction terhadap online repurchase intention. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi (Senastek), 1–8. e-trust, perceived usefulness, e-satisfaction dan online repurchase intention.

Sullivan, Y. W., & Kim, D. J. (2018). Assessing the effects of consumers’ product evaluations and trust on repurchase intention in e-commerce environments. International Journal of Information Management, 39(July 2017), 199–219. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2017.12.008

Witari, Mulyana, ; Tatang, & Gumilar, ; Irfan Rizki. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth dan Online Trust terhadap Purchase Intention pada Marketplace Lazada di Garut. Jurnal Of Knowledge Management, 15(1), 27–35.




DOI: https://doi.org/10.24967/jims.v9i2.2283

Article Metrics

Abstract view : 182 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 71 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License