PENGARUH PENYEDIAAN SARANA DAN PRASARANA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA CV. PERINTIS JAYA DI BANDAR LAMPUNG

Novita Indah Sari

Abstract


ii

 ABSTRAK

 

PENGARUH PENYEDIAAN SARANA DAN PRASARANA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA CV. PERINTIS JAYA DI BANDAR LAMPUNG

 

Oleh : NOVITA INDAH SARI

 

Selain sarana dan prasarana, faktor lain yang perlu diperhatikan perusahaan adalah kepuasan kerja. Kepuasan kerja adalah keadaan emosional karyawan yang menyenangkan atau tidak menyenangkan di mana para karyawan memandang pekerjaan mereka. Kepuasan kerja mencerminkan perasaan seseorang terhadap pekerjaannya. kepuasan kerja ini nampak dalam sikap positif karyawan terhadap pekerjaan dan segala sesuatu yang dihadapi di lingkungan kerjanya. Kepuasan kerja pada dasarnya merupakan sesuatu yang bersifat individual. Setiap individu memiliki tingkat kepuasan yang berbeda-beda sesuai dengan sistem nilai yang berlaku pada dirinya.

Permasalahan yang dihadapi perusahaan adalah jumlah kendaraan yang dibutuhkan tidak memadai, penghasilan / gaji yang diperoleh tidak sesuai atau tidak menunjang serta omzet penjualan mengalami penurunan.

Hasil penelitian didapatkan bahwa penyediaan sarana prasarana terhadap kepuasan kerja karyawan pada CV. Perintis Jaya di Bandar Lampung adalah : rata-rata 15,5 orang (64,58 %) responden menyatakan penyediaan sarana prasarana terhadap kepuasan kerja karyawan pada CV. Perintis Jaya di Bandar Lampung dikategorikan sangat baik/tinggi, 4 (16,67 %) menyatakan baik/sedang dan 4,5 (18,75 %) menyatakan tidak baik/rendah. Disimpulkan bahwa penyediaan sarana prasarana terhadap kepuasan kerja karyawan meningkat pada CV. Perintis Jaya di Bandar Lampung.

Berdasarkan hasil analisis kualitatif, peranan pengendalian dalam meningkatkan prestasi kerja karyawan diperoleh hasil, yang menyatakan tinggi sebanyak 16 orang (66,66%), yang menyatakan sedang 4 orang (16,67%) dan yang menyatakan rendah sebanyak 4 orang (16,67%). Berdasarkan hasil analisis kuantitatif, diperoleh hasil : Nilai X2 untuk derajat bebas = 4 dengan menggunakan α 0,05 adalah sebesar 9,49, setelah dibandingkan antara X2 hitung dengan X2 tabel, maka X2 hitung = 32,797 > X2 tabel = 9,49. ini berarti hipotesis yang diajukan dapat diterima, yaitu “Pengendalian Mempunyai Peranan yang Sangat Penting Dalam Meningkatkan Prestasi Kerja Karyawan Bagian Produksi pada CV. Perintis Jaya di Bandar Lampung”, dapat diterima.

 

 

Kata kunci : penyediaan, sarana dan prasarana.


Article Metrics

Abstract view : 116 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.