PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI PADA DINAS TANAMAN PANGAN, HORTIKULTURA DAN PETERNAKAN KABUPATEN WAY KANAN

RINA EKAWATI

Abstract


 

 

 

 

ABSTRAK

 

 

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI PADA DINAS TANAMAN PANGAN, HORTIKULTURA DAN PETERNAKAN KABUPATEN WAY KANAN

 

 

 

 

Oleh

RINA EKAWATI

 

 

 

Gaya  kepemimpinan dalam sebuah organisasi dituntut untuk dapat membuat individu dalam organisasi yang dipimpinnya dapat berperilaku sesuai dengan yang diinginkan untuk mencapai tujuan organisasi. Gaya kepemimpinan yang ada masih lemahnya pengawasan terhadap kinerja dan kurangnya perhatian kepada  pegawai. Tingkat disiplin pegawai masih rendah dilihat dari masih adanya pegawai yang datang terlambat, pulang sebelum waktunya dan lambat dalam penyelesaian pekerjaan. Dalam hal kepuasan kerja di Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Way Kanan pegawai kurang puas disebabkan kebosanan atas rutinitas pekerjaan serta kondisi lingkungan yang kurang kondusif dalam segi keamanan dan kenyamanan.

 

Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian Explanatory yaitu model pemecahan masalah yang menguraikan masalah dan menjelaskannya berdasarkan data-data yang ada. Penelitian ini menggunakan 38 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu : 2 (dua) Variabel bebas (X1 dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana Gaya Kepemimpinan (X1) dan Disiplin Kerja (X2) sebagai variabel bebas dan Kepuasan Kerja Pegawai (Y) sebagai variabel terikat.

 

Dari hasil pengolahan data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis sebagai berikut : terdapat pengaruh antara Gaya Kepemimpinan (X1) terhadap Kepuasan Kerja Pegawai (Y) dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 28,5% yang berarti Gaya Kepemimpinan memberikan pengaruh sebesar 28,5% Kepuasan Kerja Pegawai. Terdapat pengaruh antara Disiplin Kerja (X2) terhadap Kepuasan Kerja Pegawai (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 28,9% yang berarti bahwa Disiplin Kerja memberikan pengaruh sebesar 28,9% terhadap Kepuasan Kerja Pegawai. Terdapat pengaruh antara Gaya Kepemimpinan (X1), Disiplin Kerja (X2) terhadap Kepuasan Kerja Pegawai (Y), dengan  tingkat pengaruh sebesar 32,2% yang berarti bahwa Gaya Kepemimpinan dan Disiplin Kerja memberikan pengaruh secara simultan sebesar 32,2% terhadap Kepuasan Kerja Pegawai.

 

Kata kunci : Gaya Kepemimpinan, Disiplin Kerja, Kepuasan Kerja


Full Text:

 Subscribers Only

Article Metrics

Abstract view : 113 times
Untitled - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.