ANALISIS YURIDIS PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA OLEH ANGGOTA BRIMOB (Studi di Satuan Brimob Lampung)

muhammad yudha satria nugraha

Abstract


ABSTRAK

 

ANALISIS YURIDIS PENYALAHGUNAAN

NARKOTIKA OLEH ANGGOTA BRIMOB

(Studi Di Sat Brimob Lampung)

 

 

Oleh

Muhammad Yuda Satria Nugraha

 

 

 

Penyalahgunaan  narkotikamerupakan permasalahan baru bagi bangsa Indonesia. Tidak hanya dilakukan oleh masyrakat biasa, bahkan penyalahgunaan narkotika dilakukan juga oleh aparat penegak hukum.

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mempelajari faktor yang mempengaruhi penyalahgunaan narkotika oleh aparat hukum dalam hal ini adalah anggota satuan brimob Lampung dan mengetahui upaya penanggulangan penyalahgunaan narkotika oleh anggota brimob.Metode penelitian bersifat diskriptif normatif,Pendekatan masalah dalam penelitian ini menggunakan pendekatan yurdis normatif dan pendekatan yuridis empiris.Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, data sekunder , dan data tersier. Pengolahan data dilakukan dengan seleksi data dan klasifikasi datadengan melakukan analisis kualitatif.

 

Dari hasil penelitian menunjukan banyak faktor yang mempengaruhi penyalahgunaan narkotika oleh anggota Brimob.Faktor internal dari diri pelaku menjadi faktor utama yang mempengaruhi anggota Bromob melakukan penyalahgunaan narkotika.Kemudian kasus penyalahgunaan narkotika yang dilakukan oleh Anggota Brimobakan diproses secara internal kelembagaan terlebih dahulu sebagai konsekunsi Selanjutnya akan dilakukan penilaian terhadap kasus tersebut apakah perlu adanya penindakan melalui pengadilan atau tidak.

 

Dari hasil penelitian, penulis menyarankan agar perlunya peningkatan pemeriksaan badan secara mendadak bagi seluruh anggota brimob dan upaya peningkatan kepribadian bagi masing-masing anggota brimob.

 


Full Text:

 Subscribers Only

Refbacks

  • There are currently no refbacks.