HUBUNGAN SEMANGAT KERJA DENGAN KINERJA PEGAWAI DI BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAERAH PROVINSI LAMPUNG

Rio Zulkarnain

Abstract


ABSTRAK

HUBUNGAN SEMANGAT KERJA DENGAN KINERJA PEGAWAI DI BADAN PENELITIAN DAN                           PENGEMBANGAN DAERAH

PROVINSI LAMPUNG

Oleh

RIO ZULKARNAIN

 

Obyek pada penelitian ini adalah permasalahan semangat kerja dan kinerja pegawai pada kantor Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Lampung. masalah semangat kerja  pegawai, yang terlihat dari sikap yang kurang bergairah dalam melaksanakan pekerjaan sehingga terkesan kurang produktif, yang berdampak pada kecenderungan tidak maksimalnya kinerja  pegawai.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungansemangat kerjadengankinerja. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungansemangat kerja terhadap kinerja karyawan.

Populasi pada penelitian ini adalah sebanyak 66 pegawai. Pengolahan data primer dengan pendekatan metode analisis kualitatif dan kuantitatif dibantualat statistik aplikasi program SPSS versi 21.0. untuk perhitungan uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi dan uji koefisien determinasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa semangat kerja memiliki hubungan dengan kinerja pegawai di Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Lampung,  keeratan hubungan termasuk pada kategori sedang (0,40 – 0,599). Nilai Koefisien Penentu Semangat kerja terhadap kinerja di peroleh hasil sebesar 0,5912 = 0.350 artinya sebesar 35% variasi perubahan variabel terikat (kinerja)  mampu dijelaskan oleh variabel bebas (semangat kerja) sedangkan sisanya 65% lagi dijelaskan  oleh variabel lain diluar dari penelitian ini. Saran yang dapat disampaikan adalah:      Kepada Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Lampung, agar dapat menumbuhkan  kembali semangat kerja pegawai; Kepada  seluruh pegawai agar lebih memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dalam mengemban tugas sebagai aparatur negara dengan menunjukkan profesionalisme serta dedikasi demi kemajuan instansi khususnya serta bangsa dan negara pada umumnya.

 

 

Kata Kunci : semangat kerja,kinerja

 

 


Article Metrics

Abstract view : 102 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.