MODIFIKASI SHOCK ABSORBER SEPEDA MOTOR YAMAHA JUPITER Z TAHUN 2010

Aan Kurnaedi

Abstract


ABSTRAK

 

MODIFIKASI SHOCK ABSORBER SEPEDA MOTOR YAMAHA JUPITER Z TAHUN 2010

 

 

Oleh :

 

AAN KURNAEDI NPM : 15 21 201 0010.P

 

Di era globalisasi, Kendaraan bermotor banyak digunakan sebagai alat transportasi. Sesuai fungsinya sebagai alat transportasi maka kendaraan bermotor harus didesain sehingga dapat membuat rasa aman dan nyaman bagi pengendaranya, salah satu faktor yang  mempengaruhi  kenyamanan  sepeda motor adalah sistem suspensi. Untuk itu Shock absorber merupakan komponen penting sistem suspensi suatu  kendaraan,  berfungsi  untuk  meredam  gaya osilasi  dari  pegas.   Shock   absorber   memperlambat   dan   mengurangi besarnya getaran gerakan, dengan mengubah energi kinetik  dari  gerakan suspensi menjadi energi panas yang  dapat  dihamburkan  melalui  cairan  hidrolik.

Tujuan dari penelitian ini adalah Modifikasi shock absorber sepeda motor Yamaha Jupiter Z tahun 2010 dengan cara mengubah ukuran poros dan damper menjadi lebih besar serta untuk mengetahui apakah dengan diganti ukuran poros/as lebih besar shock absorber akan lebih awet dan tidak akan mudah patah.

Dari hasil penelitian dan analisis yang dilakukan dapat diperoleh kesimpulan bagaimana cara Modifikasi Shock Absorber sepeda motor Yamaha Jupiter Z tahun 2010 serta kualitas shock absorber setelah dilakukan modifikasi pada beberapa bagian komponennya yaitu shock absorber akan lebih awet, tidak akan mudah patah, nyaman ketika dikendarai .

 

Kata kunci : Shock Absorber, sepeda motor Jupiter Z tahun 2010.


Full Text:

 Subscribers Only

Article Metrics

Abstract view : 114 times
Untitled - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.