PertanggungjawabanPidanaBagiPelakuTindak PidanaPenyelundupan Di BidangKepabeanan Dan Cukai (StudiPada Wilayah HukumPengadilanNegeriKelas IATanjungKarang)

Rindo Saputra Panghurian

Abstract


ABSTRAK

PertanggungjawabanPidanaBagiPelakuTindak

PidanaPenyelundupan Di BidangKepabeanan Dan

Cukai

         (StudiPada Wilayah HukumPengadilanNegeriKelas IATanjungKarang)

 

Oleh :

RindoSaputraPanghurian

 

KejahatanKepabeanan di bidangeksporkhususnyatindakpidanapenyelundupandengan modus pemalsuandokumenpelengkapkepabeanan yang tidaksesuaidengankondisifisikbarang yang sebenarnyakerapdilakukansepertidalamkasuspenyelundupanPasirTimah.Permasalahandalamskripsiiniadalahbagaimanapertanggungjawabanpidanapelakunyadanapakah yang menjadifaktorpenghambatdalampenegakanhukumbagipelakunya?

 

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakanpenelitian yuridis normatifdanyuridisempirisdengan menggunakan pendekatan secara yuridis Normatif-Empiris.ditunjangoleh data yang diperolehbaik primer, sekunderdantersier yang diolahkemudiandianalisissebelumdisajikan.

 

Hasil penelitian yang didapat yaitu: pertanggungjawabanpidanadikenakanbagi beberapa orang yang secara bersama-sama melakukankejahatanataubisa hanya seorang saja yang mempunyai “kehendak” dan “merecanakan” delict. Adapunnomorperkarakasusiniadalah 743/Pid.Sus/2016/PN TjkdenganpenuntuhukumArintoKusumo, S.H. Terdakwa Chandra Kaim bin AnangKasimalsTjung Chandra Kasim, tanggalputusanSenin, 19 September 2016 danhasilputusannyaadalahpidanapenjarawaktutertentu (1 tahun 8 bulan), pidanadendaRp. 1.000.000.000, dansubsiderpenjara 4 bulan. Kemudiantidakadafaktorpenghambat yang berartidalam proses penyidikantindakpidana yang dilakukanpenyidik Bea Cukai Bandar Lampung. Pelakuatautersangkaselamadalam proses penyidikanolehpenyidik Bea Cukaibertindakkooperatif.

 

Saran yang Penulis berikan yaitu: perlunyadilakukansinergitasantarapenyidik Bea CukaidenganPengadilanNegeridalammenetapkanpelakutindakpidanapenyelundupan yang harusbertanggungjawabdanperluadanyapengawasan yang berkelanjutandalampelaksanaanpenegakanhukumterkaitpenjatuhansanksipidanabagipelakutindakpidanapenyelundupan.


Full Text:

 Subscribers Only

Article Metrics

Abstract view : 98 times
Untitled - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.