PENGARUH IKLIM ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN ARNES HOTEL

Lina Sepnita

Abstract


ABSTRAK

 

PENGARUH IKLIM ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN ARNES HOTEL

DI BANDAR LAMPUNG

 

Oleh LIANA SEPNITA

Iklim organisasi dapat menimbulkan pengaruh terhadap kepuasan kerja

karyawan, iklim mempengaruhi hal itu dengan membentuk harapan karyawan tentang konsekuensi yang timbul dari berbagai tindakan. Karyawan akan mengharapkan imbalan, kepuasaan atas dasar persepsi mereka terhadap iklim organisasi.

Arnes Hotel berlokasi di Jalan Cut Nyak Dien No. 20 Bandar Lampung, memiliki 35 kamar hotel dengan status Melati Tiga berfasilitas hotel bintang satu.

Masalah yang terjadi adalah ketidaksesuain imbalan dengan standar pengupahan terhadap kondisi ekonomi sekarang ini, ketidaksesuain perbandingan gaji dan jumlah pekerjaan yang dilakukan, ketidak sesuain kebijakan dengan penghargaan, dan kondisi serta lingkungan kerja yang ada di Arnes Hotel Bandar Lampung yang kurang menunjang untuk penyelesain tugas karyawannya.

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui pengaruh iklim organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan Arnes Hotel Bandar Lampung. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah iklim organisasi memiliki pengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan Arnes Hotel Bandar Lampung.

Berdasarkan output regresi diperoleh t hitung sebesar 4,684 sedangkan t tabel dicari dengan dk n-2 (33-2=31) 2,040, sehingga tHitung > t tabel (31;0,05) , maka hipotesis yang diajukan dapat diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa iklim organisasi mempunyai pengaruh yang positif terhadap kepuasan kerja. Umumnya karyawan Arnes Hotel menganggap bahwa iklim organisasi yang ada di Arnes Hotel Bandar Lampung adalah baik.

Berdasarkan analisis tersebut, saran yang dapat diberikan adalah Arnes Hotel sebaiknya memberikan imbalan yang layak dan sesuai dengan standar pengupahan berdasarkan kondisi ekonomi sekarang ini, memperbaiki hubungan komunikasi antar departemen untuk mendorong secara keseluruhan performance management menjadi lebih baik dan memudahkan kordinasi antar departemen, perbandingan gaji dan jumlah pekerjaan yang diberikan sebaiknya menyesuaikan dengan jumlah pekerjaan yang dilakukan, serta pihak manajamen Arnes Hotel Bandar Lampung sebaiknya memperbaiki kondisi serta lingkungan kerja karyawan sehingga membantu dalam penyelesain tugas-tugas karyawan.

 

Kata Kunci : Iklim Organisasi, Kepuasan Kerja

Full Text:

 Subscribers Only

Refbacks

  • There are currently no refbacks.