UPAYA PEMERINTAH KABUPATEN LAMPUNG SELATAN DALAM MENGATASI KONFLIK SOSIAL DI DESA BALINURAGA KECAMATAN WAY PANJI LAMPUNG SELATAN.

Dodi Hernaldi

Abstract


ABSTRAK

 

UPAYA PEMERINTAH KABUPATEN LAMPUNG SELATAN DALAM MENGATASI KONFLIK SOSIAL DI DESA BALINURAGA KECAMATAN WAY PANJI LAMPUNG SELATAN.

 

Oleh

Dodi Hernaldi 16.63.201.0013

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Upaya Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan dalam mengatasi Konflik Sosial antar Suku Bali dan Suku Lampung di Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan Teknis pengumpulan data menggunakan kualitatif seperti wawancara, observasi, dokumentasi.

 

Konflik yang berlangsung selama tiga hari (27, 28 dan 29 Oktober 2012) banyak menimbulkan kerugian materil dan korban jiwa di Desa Balinuraga Kecamatan Way Panji Kabupaten Lampung Selatan.

Analisis data menggunakan kualitatif dengan kajian naturalistik sehingga dapat menghasilkan kesimpulan berdasarkan dari data yang diperoleh.Hasil penelitian konflik berawal dari kecelakaan dan berujung pelecehan seksual, sifat dari pemuda balinuraga yang tidak sopan dan tidak bisa berbaur dengan masyarakat lainnya, adanya dendam pribadi antara Suku Lampung dengan Bali.

Berdasarkan hasil anilisis upaya Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan dalam mengatasi konflik sosial di Desa Balinuraga Kecamatan Way Panji Lampung Selatan sudah maksimal, namun terdapat hambatan atau kendala dalam mengatasi konfik sosial, dikarenakan konflik yang tidak pernah ada penyelesaiaan hingga ke akarnya dan tidak tuntas dalam penenganan penegak hukum.

 

Kata Kunci :Penelitian, mengatasi, penanganan konflik

 


Full Text:

 Subscribers Only

Article Metrics

Abstract view : 93 times
Untitled - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.