UPAYA DINAS SOSIAL DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN ANAK JALANAN MELALUI PEMBINAAN KETERAMPILAN (Studi pada Dinas Sosial Kabupaten Lampung Tengah)

Lismaini Lismaini

Abstract


UPAYA DINAS SOSIAL DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN ANAK JALANAN MELALUI PEMBINAAN KETERAMPILAN

(Studi pada Dinas Sosial Kabupaten  Lampung Tengah)

 

Oleh :

Lismaini

16632010087.P

 

            Hidup menjadi anak jalanan bukanlah sebagai pilihan hidup yang menyenangkan, melainkan  keterpaksaan yang harus mereka terima karena adanya sebab tertentu. Ditemukan bahwa di Kabupaten Lampung Tengah masih banyak anak-anak ditemukan berkeliaran di jalan jalan seperti dilampu merah, di depan ruko dan pasar bahkan terkadang di dalam angkutan umum. Hal ini disebabkan anak jalanan tidak memiliki keterampilan, selain itu tidak sekolah karena terbentur biaya. Oleh karena itu perlunya Dinas Sosial memberikan pembinaan keterampilan anak jalanan agar mereka tidak turun ke jalan jalan.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya Dinas Sosial Dalam memberikan pelayanan anak jalanan melalui pembinaan keterampilan pada Dinas Sosial Kabupaten  Lampung Tengah. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan analisis kualitatif.

            Hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa upaya Dinas Sosial dalam memberikan pelayanan anak jalanan masih memiliki berbagai permasalahan seperti dana, sarana dan prasarana serta pelayanan yang masih belum optimal. Hal ini menunjukkan hasil yang diharapkan Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah dikarenakan masih banyak anak jalanan berkeliaran di jalan jalan seperti lampu merah, di depan ruko dan pasar. Pelayanan pembinaan keterampilan yang diberikan Dinas Sosial kepada anak jalanan dilakukan melalui pendampingan, pelatihan dan penyuluhan, namun tidak semua anak jalanan mendapatkan pelatihan berupa kursus menjahit dan belajar komputer, disamping itu penyuluhan hanya sebatas ceramah. Ini dikarenakan anggaran yang dikucurkan Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah ke Dinas Sosial belum maksimal, hal ini menunjukkan belum optimalnya Dinas Sosial dalam memberikan pembinaan keterampilan anak jalanan.

Saran pemerintah Kabupaten Lampung Tengah seharusnya meningkatkan jumlah anggaran (dana) terhadap Dinas Sosial Kabupaten Lampung Tengah dalam upaya memberikan pelayanan anak jalanan melalui pembinaan keterampilan sehingga sarana dan prasaraana dapat terpenuhi dengan baik agar dalam merazia anak jalanan di tempat tempat umum, ruko, pasar dan lampu merah dan melakukan pembinaan dapat berjalan optimal dan pemerintah seharusnya memiliki panti rehabilitasi yang memenuhi standar pelatihan dan penyuluhan bagi anak anak jalanan agar Dinas Sosial Kabupaten Lampung Tengah dalam memberikan pelayanan dapat dilaksanakan dengan baik. Disamping itu pegawai Dinas Sosial Kabupaten Lampung Tengah juga dapat mengembangkan rasa tanggung jawab serta memberikan kesadaran hidup kepada anak jalanan secara optimal.

 

Kata kunci : Pelayanaan, Pembinaan, Keterampilan

 


Full Text:

 Subscribers Only

Article Metrics

Abstract view : 103 times
Untitled - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.