ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI KELUARGA (SIGA) DALAM MENINGKATKAN KINERJA PETUGAS LAPANGAN KELUARGA BERENCANA (PLKB) KECAMATAN WAY PENGUBUAN KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Sundari Sundari

Abstract


 

ANALISIS IMPLEMENTASI  SISTEM  INFORMASI  KELUARGA (SIGA) DALAM MENINGKATKAN KINERJA PETUGAS LAPANGAN KELUARGA BERENCANA (PLKB)  KECAMATAN WAY PENGUBUAN KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Oleh :

Sundari

16632010071

 

Pemerintah Kecamatan Way Pengubuan Kabupaten Lampung Tengah mengimplementasikan Sistem Informasi Keluarga (SIGA). Pengelolaan kebijakan Sistem Informasi Keluarga di Kecamatan Way Pengubuan didasarkan pada Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan. Dalam pelaksanaan sistem informasi keluarga terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja petugas diantaranya yaitu kemampuan petugas (PLKB) dalam memberikan penyuluhan, ketersediaan sarana dan prasarana serta keberhasilan program yang telah ditetapkan. Adapun permasalahan yang terjadi pada saat penyuluhan berlangsung tidak menggunakan Laptop atau LCD sehingga menyebabkan komunikasi kurang menarik dan membosankan dan kurangnya fasilitas kerja bagi Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB), sehingga menyebabkan kinerja petugas tidak optimal dalam melaksanakan sistem informasi keluarga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Bagaimana Implementasi Sistem Informasi Keluarga (SIGA) Dalam Meningkatkan Kinerja Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB)  Kecamatan Way Pengubuan Kabupaten Lampung Tengah. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan analisis kualitatif.

Hasil penelitian dan pembahasan Implementasi Sistem Informasi Keluarga di Kecamatan Way Pengubuan Kabupaten Lampung Tengah diketahui bahwa masih ada petugas pada saat penyuluhan berlangsung tidak menggunakan Laptop atau LCD sehingga menyebabkan komunikasi kurang menarik dan membosankan dan kinerja Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB)  masih belum optimal dikarenakan kurangnya fasilitas kerja sehingga menyebabkan kinerja petugas tidak optimal dalam melaksanakan sistem informasi keluarga.

 Saran yang dapat diberikan hendaknya pihak Kecamatan Way Pengubuan Kabupaten Lampung Tengah dapat merealisasikan laktop dan LCD untuk para petugas lapangan keluarga berencana agar mereka dapat memberikan penyuluhan dengan menarik sehingga nantiya akan terjadi komunikasi yang baik, jelas, akurat, konsisten sehingga pelaksanaan sistem informasi dapat berjalan sesuai dengan tujuan organisasi dan hendaknya perlunya diadakan penambahan fasilitas baik peralatan kerja, operasional petugas serta sarana pendukung lainnya agar petugas lapangan keluarga berencana dapat bekerja secara optimal dalam memberikan pelayanan sistem informasi keluarga kepada masyarakat Kecamatan Way Pengubuan Kabupaten Lampung Tengah.

 

Kata kunci : Implementasi,  Sistem  Informasi Keluarga,  Kinerja


Full Text:

 Subscribers Only

Article Metrics

Abstract view : 111 times
Untitled - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.