ANALISIS TINDAK PIDANA PENYELUNDUPAN SENJATA API DENGAN TINGKAT KRIMINALITAS YANG TERJADI (Studi Di Dit Polairud Polda Lampung)

Edi Heriyanti

Abstract


 

ANALISIS TINDAK PIDANA PENYELUNDUPAN SENJATA API DENGAN TINGKAT KRIMINALITAS YANG TERJADI

(Studi Di Dit Polairud  Polda Lampung)

 

Oleh

Edi Heriyanto

 

Beberapa kasus penyelundupan senjata api selain terjadi diberbagai wilayah di Indonesia terjadi juga di Lampung, Sepanjang tahun 2016 sampai dengan tahun 2017 penyelundupan senjata api terjadi beberapa kali di perairan propinsi Lampung. Permasalahan bagaimanakah pelaksanaan tindak pidana penyelundupan senjata api di peraliran Lampung, faktor penghambat dalam penanggulangan penyelundupan senjata api di Lampung.

 

Metode penelitian terdiri dari, jenis penelitian bersifat diskriptif normatif, Pendekatan masalah dalam penelitian ini menggunakan pendekatan normatif dan pendekatan empiris. Jenisnya data terdiri dari dua kelompok yaitu data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka dan studi lapangan. Data Analisis data yang dipergunakan adalah analisis kualitatif.

 

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pelaksanaan tindak pidana penyelundupan senjata api di perairan Lampung adalah sebagai berikut  Upaya represif dalam bentuk koordinasi terbuka dilakukan pihak Polda Lampung khususnya Dit Polairud yang berkoordinasi dengan Ketua Harian Perbakin (Persatuan Penembak Indonesia)  Kota Bandar Lampung  untuk mengungkap terjadi penyelundupan dan peredaran senjata api illegal di Lampung. Upaya Represif dan Preventif dengan Koordinasi Tertutup berarti koordinasi ini hanya dilakukan oleh pihak Kepolisian saja untuk mengungkap kasus adanya penyelundupan senjata api dengan melaukan penyadapan dari telepon seluler dengan bantuan internal provider cellular yang bersangkutan. Faktor  penghambat dalam penanggulangan penyelundupan senjata api di Lampung yaitu  Faktor kontrol yang lemah terhadap penyebab maraknya penyelundupan senjata api disebabkan oleh kontrol terhadap peredaran senjata api yang lemah di Lampung.  Faktor lemahnya aturan hukum berakibat lemahnya juga kesadaran hukum masyarakat.

 

Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah Polda Lampung lebih memperluas jaringan dalam hal pelaksanaan pengamanan wilayah perairan Lampung yang menjadi pintu gerbang penyelundupan menuju Sumatra atau pun keluar Sumatra.  Pemerintah segera menyusun peratuarn perundang-undangan yang baru terkait penyelundupan senjata api. Demi tercapainya kesadaran hukum masyarakat dan kepastian hukum didalam masyarakat.

 

Kata Kunci: Penyelundupan Senjata Api, Kejahatan, Tingkat Kriminalitas

Full Text:

 Subscribers Only

Refbacks

  • There are currently no refbacks.