Analisis Perbandingan Penjualan Offline dan Whatsapp Blast di Masa Pandemi Covid-19 (Study Kasus di Showroom Hammer Mall Boemi Kedaton)
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah ada perbedaan yang signifikan perbandingan penjualan offline dan whatsapp blast di Showroom Hammer mall Boemi Kedaton. Metode penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini Kuantitatif Deskriptif. Objek penelitian ini pada Showroom Hammer di Mall Boemi Kedaton. Penelitian ini dimulai pada bulan Maret 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh barang yang terjual selama masa pandemi dengan ada pengaruh WA Blast di Showroom Hammer Mall Boemi Kedaton Bandar Lampung disetiap bulan pada tahun 2019-2021, dimana terjadi sebelum pandemi covid-19 hingga setelah masa transisi pasca gelombang pandemi covid-19. Uji non parametric yang digunakan yaitu uji Mann-Whitney. Berdasarkan output dalam uji Mann-Whitney diketahui bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05, maka Ha diterima. Dapat dikatakan bahwa ada perbedaan hasil penjualan showroom Hammer Mall Boemi Kedaton dengan metode offline dengan whatsapp blast.
Keywords
Perbandingan Penjualan; Penjualan Offline; Whatsapp Blast; Showroom Hammer
References
Aflaha, A. N., & Muslimin, S. (2020). Fenomena Hoax dalam Iklan di Media Sosial Perspektif Etika Bisnis Islam. Al-Azhar Journal of Islamic Economics, 2(2), 53–64. https://doi.org/10.37146/ajie.v2i2.42
Astria, D., & Santi, M. (2021). PEMANFAATAN APLIKASI WHATSAPP BISNIS DALAM STRATEGI PEMASARAN ONLINE UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PENJUALAN. Jurnal Eksyar (Jurnal Ekonomi Syariah), 8(3), 21–45.
Batubara, A., & Hidayat, R. (2016). Pengaruh Penetapan Harga dan Promosi terhadap Tingkat Penjualan Tiket pada PSA Mihin Lanka Airlines. Ilman, 4(1), 33–46.
Cahyono, A. S. (2016). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT DI INDONESIA. Jurnal Publiciana, 9(1), 140–157. https://doi.org/10.1201/ebk1439811924-14
Elianur, C. (2017). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Sebagai Sarana Diskusi Antara Pengawas Dan Guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal As-Salam, 1(2), 1–14.
Handayani, A. D., & Rachman, A. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Motif dan Tren Penelusuran Informasi Kartu Prakerja di Indonesia. Empower: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 5(2), 111–131. https://doi.org/10.24235/empower.v5i2.7187
Harjayanti, D. R., Rovita, A., & Yuwono, T. (2020). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Tingkat Literasi keuangan, Instrumen Literasi Keuangan pada Keputusan Pembelian pada Media Online (Studi Kasus Masyarakat di Daerah Tangerang Selatan). Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(2), 199–209. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i2.127
Iswari, I., Saragi, R. A., Sirait, R. R., & Putra, W. (2020). Analisis Perbedaan Pendapatan Driver Go-Jek Sebelum Dan Saat Terjadi Pandemi Covid-19 Di Kota Medan. Al-Sharf: Jurnal Ekonomi …, 1(1), 94–102. https://doi.org/10.30596/al-sharf.v
Krisgawati, V., & Antari, P. E. D. (2020). Sosialisasi Hak Tenaga Kerja Yang Dirumahkan Akibat Pandemi Covid-19 Di PT.Global Retailindo
Pratama. JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka, 3(1), 18–25. https://doi.org/10.51213/jmm.v3i1.44
Maqsura, H., & Sari, H. (2017). Bentuk Kenakalan Remaja Akibat Penggunaan Internet. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan, 2(3), 1–6.
Muslim, A., Iqbal, M., & Ridlho, M. R. (2020). Edukasi Siaga Lingkungan Sehat Dan Bakti Sosial Pada Masa Pandemi-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Cahaya Mandalika, 1(1), 85–92. http://ojs.cahayamandalika.com/index.php/abdimandalika/article/view/293
Nainggolan, E. M. S., & Oeilliam, K. F. (2019). Pengaruh Merek dan Iklan Terhadap Daya Beli Konsumen di PT. Inkado Trading Coy Krakatau Medan (Studi Kasus Pada Konsumen Honda yang Membeli Unit CB 150). Jurnal Mutiara Manajemen, 4(2), 367–378.
Pelipa, E. D., & Marganingsih, A. (2020). Pelatihan E-Commerce Untuk Usaha Mikro Kecil Menengah Di Kota Sintang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 3(2), 94–105. https://doi.org/10.31932/jpmk.v3i2.900
Pradana, W. I., & Sukaris, S. (2021). Strategi Pemasaran Pada PT. Prima Megah Irsa. Urnal Manajemen Dan Bisnis Terapan, 1(2), 35–42.
Pratama Afrianto, A., & Irwansyah, I. (2021). Eksplorasi Kondisi Masyarakat Dalam Memilih Belanja Online Melalui Shopee Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 10–29. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.181
Pustikayasa, I. M. (2019). Grup WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53–62. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i2.281
Rachmawaty, A. (2021). Optimasi Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan di Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar. TEMATIK - Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 8(1), 29–44.
Rahadi, N. W., Prasetyanti, D. N., Pratiwi, A. F., & Gunawan, B. A. (2019). Marketplace Sebagai Media Pemasaran Produk Ukm Di Kecamatan Maos Guna Tingkatkan Perekonomian Masyarakat. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 5–9. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i1.1079
Raharja, S. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108–123. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32361
Rohmah, S. N. (2020). Adakah peluang bisnis di tengah kelesuan perekonomian akibat pandemi Corona virus Covid-19 ? ’ADALAH ; Buletin Hukum & Keadilan, 4(1), 63–74.
Saputra, A., Iswandi, T., & Sutarman. (2021). Edukasi hidup sehat dan produktif kepada masyarakat kpm pkh di desa sukamulia timur pada era new normal covid 19. Bintang : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(1), 23–33.
Sekarsih, F. N., & Mustopa, A. (2020). WORKSHOP ONLINE (WSO) MENUJU KEMANDIRIAN EKONOMI KREATIF DITENGAH PANDEMI COVID-19 DI KECAMATAN PLAYEN, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA. Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat 2020, 174–179.
Sulandjari, K., Kurnia, G., Sugarda, T. J., & Hapsari, H. (2020). Agricultural Extention Paradigm Private Companies in Bandung Barat District. Jurnal Penyuluhan, 16(1), 24–36. https://doi.org/10.25015/16202028439
DOI: https://doi.org/10.24967/feb.v1i1.1445
Article Metrics
Abstract view : 1977 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 1009 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract
Keywords
References
Aflaha, A. N., & Muslimin, S. (2020). Fenomena Hoax dalam Iklan di Media Sosial Perspektif Etika Bisnis Islam. Al-Azhar Journal of Islamic Economics, 2(2), 53–64. https://doi.org/10.37146/ajie.v2i2.42
Astria, D., & Santi, M. (2021). PEMANFAATAN APLIKASI WHATSAPP BISNIS DALAM STRATEGI PEMASARAN ONLINE UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PENJUALAN. Jurnal Eksyar (Jurnal Ekonomi Syariah), 8(3), 21–45.
Batubara, A., & Hidayat, R. (2016). Pengaruh Penetapan Harga dan Promosi terhadap Tingkat Penjualan Tiket pada PSA Mihin Lanka Airlines. Ilman, 4(1), 33–46.
Cahyono, A. S. (2016). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT DI INDONESIA. Jurnal Publiciana, 9(1), 140–157. https://doi.org/10.1201/ebk1439811924-14
Elianur, C. (2017). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Sebagai Sarana Diskusi Antara Pengawas Dan Guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal As-Salam, 1(2), 1–14.
Handayani, A. D., & Rachman, A. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Motif dan Tren Penelusuran Informasi Kartu Prakerja di Indonesia. Empower: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 5(2), 111–131. https://doi.org/10.24235/empower.v5i2.7187
Harjayanti, D. R., Rovita, A., & Yuwono, T. (2020). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Tingkat Literasi keuangan, Instrumen Literasi Keuangan pada Keputusan Pembelian pada Media Online (Studi Kasus Masyarakat di Daerah Tangerang Selatan). Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(2), 199–209. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i2.127
Iswari, I., Saragi, R. A., Sirait, R. R., & Putra, W. (2020). Analisis Perbedaan Pendapatan Driver Go-Jek Sebelum Dan Saat Terjadi Pandemi Covid-19 Di Kota Medan. Al-Sharf: Jurnal Ekonomi …, 1(1), 94–102. https://doi.org/10.30596/al-sharf.v
Krisgawati, V., & Antari, P. E. D. (2020). Sosialisasi Hak Tenaga Kerja Yang Dirumahkan Akibat Pandemi Covid-19 Di PT.Global Retailindo
Pratama. JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka, 3(1), 18–25. https://doi.org/10.51213/jmm.v3i1.44
Maqsura, H., & Sari, H. (2017). Bentuk Kenakalan Remaja Akibat Penggunaan Internet. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan, 2(3), 1–6.
Muslim, A., Iqbal, M., & Ridlho, M. R. (2020). Edukasi Siaga Lingkungan Sehat Dan Bakti Sosial Pada Masa Pandemi-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Cahaya Mandalika, 1(1), 85–92. http://ojs.cahayamandalika.com/index.php/abdimandalika/article/view/293
Nainggolan, E. M. S., & Oeilliam, K. F. (2019). Pengaruh Merek dan Iklan Terhadap Daya Beli Konsumen di PT. Inkado Trading Coy Krakatau Medan (Studi Kasus Pada Konsumen Honda yang Membeli Unit CB 150). Jurnal Mutiara Manajemen, 4(2), 367–378.
Pelipa, E. D., & Marganingsih, A. (2020). Pelatihan E-Commerce Untuk Usaha Mikro Kecil Menengah Di Kota Sintang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 3(2), 94–105. https://doi.org/10.31932/jpmk.v3i2.900
Pradana, W. I., & Sukaris, S. (2021). Strategi Pemasaran Pada PT. Prima Megah Irsa. Urnal Manajemen Dan Bisnis Terapan, 1(2), 35–42.
Pratama Afrianto, A., & Irwansyah, I. (2021). Eksplorasi Kondisi Masyarakat Dalam Memilih Belanja Online Melalui Shopee Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 10–29. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.181
Pustikayasa, I. M. (2019). Grup WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53–62. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i2.281
Rachmawaty, A. (2021). Optimasi Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan di Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar. TEMATIK - Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 8(1), 29–44.
Rahadi, N. W., Prasetyanti, D. N., Pratiwi, A. F., & Gunawan, B. A. (2019). Marketplace Sebagai Media Pemasaran Produk Ukm Di Kecamatan Maos Guna Tingkatkan Perekonomian Masyarakat. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 5–9. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i1.1079
Raharja, S. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108–123. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32361
Rohmah, S. N. (2020). Adakah peluang bisnis di tengah kelesuan perekonomian akibat pandemi Corona virus Covid-19 ? ’ADALAH ; Buletin Hukum & Keadilan, 4(1), 63–74.
Saputra, A., Iswandi, T., & Sutarman. (2021). Edukasi hidup sehat dan produktif kepada masyarakat kpm pkh di desa sukamulia timur pada era new normal covid 19. Bintang : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(1), 23–33.
Sekarsih, F. N., & Mustopa, A. (2020). WORKSHOP ONLINE (WSO) MENUJU KEMANDIRIAN EKONOMI KREATIF DITENGAH PANDEMI COVID-19 DI KECAMATAN PLAYEN, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA. Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat 2020, 174–179.
Sulandjari, K., Kurnia, G., Sugarda, T. J., & Hapsari, H. (2020). Agricultural Extention Paradigm Private Companies in Bandung Barat District. Jurnal Penyuluhan, 16(1), 24–36. https://doi.org/10.25015/16202028439