Word of Mouth : Pengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus pada CV. Arto Jaya Abadi di Bandar Lampung)
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh Word of Mouth (WOM) terhadap pembelian konsumen CV. Arto Jaya Abadi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian menggunakan metode penelitian deskritif kuntitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan kuesioner. Jumlah sampel sebanyak 35 konsumen tetap CV. Arto Jaya Abadi di Bandar Lampung. Hasil pengujian hipotesis pengaruh Word of Mouth (X) terhadap keputusan pembelian (Y) menunjukan bahwa Nilai thitung varaiabel X yaitu 6.865 nilai ttabel yaitu 1.724. Karena thitung > ttabel, maka Ha diterima artinya Word of Mouth berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian CV. Arto Jaya Abadi di Bandar lampung. Kontribusi (R Square) sebesar 0.588 artinya sebesar 58.8% variasi perubahan variabel keputusan pembelian mampu dijelaskan oleh variabel Word of Mouth. Sedangkan sisanya (41.2%) dijelaskan oleh variabel lain diluar dari variabel penelitian ini.
Keywords
Commanditaire Vennootschap; Keputusan Pembelian; Word of Mouth
References
Amran, A., Widjaja, Y. R., & Kamelia, E. (2020). the Role of Social Media Marketing and Word of Mouth in Building Brand Awareness At Brownies Vannisa. Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(2), 237–243.
Andari, R., & Napu, D. M. (2016). Pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian tiket maskapai penerbangan domestik di davina tour and travel gorontalo. THE Journal: Tourism and Hospitality Essentials Journal, 6(1), 1013–1022. http://www.bssaonline.org/content/95/6/2373%5Cnhttp://www.bssaonline.org/content/95/6/2373.short%0Ahttp://www.bssaonline.org/cgi/doi/10.1785/0120110286%0Ahttp://gji.oxfordjournals.org/cgi/doi/10.1093/gji/ggv142%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/s00024-013-0646
Avriyanti, S. (2021). Strategi Bertahan Bisnis Di Tengah Pandemi Covid-19 Dengan Memanfaatkan Bisnis Digital (Studi Pada UKM yang Terdaftar pada DInas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah Kabupaten Tabalong). Jurnal PubBis, 5(1), 60–74. https://doi.org/10.35722/pubbis.v5i1.380
Fadillah, D. (2015). Model Komunikasi “WOM†Sebagai Strategi Pemasaran Efektif. Humanika, 15(1), 66–74. https://doi.org/10.21831/hum.v15i1.7642
Fadly, H. D., & Sutama, S. (2020). Membangun Pemasaran Online Dan Digital Branding Ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ecoment Global : Kajian Bisnis Dan Manajemen, 5(2), 213–222. http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/EG/article/view/1042
Farhaby, A. M. (2019). Analisis Usaha Perikanan Tangkap Kapal Bagan di Pulau Celagen Kecamatan Kepulauan Pongok Kabupaten Bangka Selatan. Aquatic Science, 1(1), 33–37. https://www.journal.ubb.ac.id/index.php/aquaticscience/article/view/874
Hendrawan, A., Sucahyowati, H., Cahyandi, K., Indriyani, & Rayendra, A. (2019). Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantasari Cilacap. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(1), 50–61. http://www.jurnal.stiks-tarakanita.ac.id/index.php/JAK/article/view/189/136
Juaningsih, I. N. (2020). Analisis Kebijakan PHK Bagi Para Pekerja Pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. "adalah : Buletin Hukum Dan Keadilan, 4(1), 189–196. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/adalah/article/view/15764
Karini, R. S. R. A., & Nurani. (2019). Word of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung di tahura Ir. H. Djuanda. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 12(1), 43–49.
Khairu Nissa, N., Nugraha, Y., Finola, C. F., Ernesto, A., Kanggrawan, J.
I., & Suherman, A. L. (2020). Evaluasi Berbasis Data: Kebijakan Pembatasan Mobilitas Publik dalam Mitigasi Persebaran COVID-19 di Jakarta. Jurnal Sistem Cerdas, 3(2), 84–94. https://doi.org/10.37396/jsc.v3i2.77
Khusnul, F. (2021). Penurunan daya beli vs panic buying di tengah pandemi covid-19. bagaimana tinjauan syariahnya? Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam, 7(1), 18–25. https://ojs.unida.ac.id/JSEI/article/view/4151
Muammar Rinaldi, & Christine. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Word of Mouth Terhadap Customer Satisfiction Pada Produk Wallpaper (Ud. Elegance Interior). Jurnal Manajemen Bisnis Eka Prasetya : Penelitian Ilmu Manajemen, 6(1), 41–51. https://doi.org/10.47663/jmbep.v6i1.39
Muhyiddin, & Nugroho, H. (2020). Edisi Khusus tentang Covid-19, New Normal, dan Perencanaan Pembangunan. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 4–7. https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.120
Mujahid, A., Isharyani, M. E., & Widada, D. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Mengunakan Metode Quantitative Strategic Planning Matrik (QSPM) Studi Kasus : Borneo Project. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 7(2), 111. https://doi.org/10.26593/jrsi.v7i2.2995.111-118
Munda, N. C. P. (2019). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian di Van Hengel Katering Bandung. Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung.
Naninsih, N., & Hardiyono, H. (2019). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Kepuasan Dan Keputusan Pembelian Produk Usaha Kecil Menengah (UKM) 310 Di Makassar. Jurnal Aplikasi Manajemen & Kewirausahaan MASSARO, 1(1), 47–61. https://doi.org/10.37476/massaro.v1i1.644
Oktaviandi, R. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Ikan Pada Kelompok Tani Sugoi’s Kabupaten Sukabumi. Syntax Idea, 2(10), 827–836. http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/919
Paulus, J. J. ., Bessie, J. L. ., & Kasim, A. (2015). Pengaruh Word of Mouth (WOM) Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Kampung Adat Boti Kabupaten TTS. Journal of Management: Small and Medium Enterprises (SMEs), 1(1), 37–61.
Rasul, H. A. (2017). STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PRODUK. Jurnal BISNIS & KEWIRAUSAHAAN, 6(1), 69–79.
Rasyid, R. A., Moniharapon, S., & Trang, I. (2018). Pengaruh Strategi Promosi Melalui Social Media, Kualitas Layanan Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Pada Pt. Sinar Galesong Mandiri Malalayang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 3933–3942. https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21918
Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 1–3. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265
Sinaga, R., & Purba, M. R. (2020). Pengaruh Pandemi Virus Corona (Covid-19) Terhadap Pendapatan Pedagang Sayur Dan Buah Di Pasar Tradisional “Pajak Pagi Pasar V†Padang Bulan. Regionomic, 2(02), 37–48.
Wiwik Putri Wahyu Ningsi, S. E. (2021). Pengaruh Promosi Di Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Skincare MS GLOW. JURNAL MANAJEMEN MODAL INSANI DAN BISNIS (JMMIB), 2(1), 50–57. www. jurnal.imsi.or.id
Yamali, F. R., & Putri, R. N. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Ekonomi Indonesia. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 4(2), 384–388. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v4i2.179
DOI: https://doi.org/10.24967/feb.v1i1.1453
Article Metrics
Abstract view : 1787 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 947 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract
Keywords
References
Amran, A., Widjaja, Y. R., & Kamelia, E. (2020). the Role of Social Media Marketing and Word of Mouth in Building Brand Awareness At Brownies Vannisa. Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(2), 237–243.
Andari, R., & Napu, D. M. (2016). Pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian tiket maskapai penerbangan domestik di davina tour and travel gorontalo. THE Journal: Tourism and Hospitality Essentials Journal, 6(1), 1013–1022. http://www.bssaonline.org/content/95/6/2373%5Cnhttp://www.bssaonline.org/content/95/6/2373.short%0Ahttp://www.bssaonline.org/cgi/doi/10.1785/0120110286%0Ahttp://gji.oxfordjournals.org/cgi/doi/10.1093/gji/ggv142%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/s00024-013-0646
Avriyanti, S. (2021). Strategi Bertahan Bisnis Di Tengah Pandemi Covid-19 Dengan Memanfaatkan Bisnis Digital (Studi Pada UKM yang Terdaftar pada DInas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah Kabupaten Tabalong). Jurnal PubBis, 5(1), 60–74. https://doi.org/10.35722/pubbis.v5i1.380
Fadillah, D. (2015). Model Komunikasi “WOM†Sebagai Strategi Pemasaran Efektif. Humanika, 15(1), 66–74. https://doi.org/10.21831/hum.v15i1.7642
Fadly, H. D., & Sutama, S. (2020). Membangun Pemasaran Online Dan Digital Branding Ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ecoment Global : Kajian Bisnis Dan Manajemen, 5(2), 213–222. http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/EG/article/view/1042
Farhaby, A. M. (2019). Analisis Usaha Perikanan Tangkap Kapal Bagan di Pulau Celagen Kecamatan Kepulauan Pongok Kabupaten Bangka Selatan. Aquatic Science, 1(1), 33–37. https://www.journal.ubb.ac.id/index.php/aquaticscience/article/view/874
Hendrawan, A., Sucahyowati, H., Cahyandi, K., Indriyani, & Rayendra, A. (2019). Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantasari Cilacap. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(1), 50–61. http://www.jurnal.stiks-tarakanita.ac.id/index.php/JAK/article/view/189/136
Juaningsih, I. N. (2020). Analisis Kebijakan PHK Bagi Para Pekerja Pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. "adalah : Buletin Hukum Dan Keadilan, 4(1), 189–196. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/adalah/article/view/15764
Karini, R. S. R. A., & Nurani. (2019). Word of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung di tahura Ir. H. Djuanda. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 12(1), 43–49.
Khairu Nissa, N., Nugraha, Y., Finola, C. F., Ernesto, A., Kanggrawan, J.
I., & Suherman, A. L. (2020). Evaluasi Berbasis Data: Kebijakan Pembatasan Mobilitas Publik dalam Mitigasi Persebaran COVID-19 di Jakarta. Jurnal Sistem Cerdas, 3(2), 84–94. https://doi.org/10.37396/jsc.v3i2.77
Khusnul, F. (2021). Penurunan daya beli vs panic buying di tengah pandemi covid-19. bagaimana tinjauan syariahnya? Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam, 7(1), 18–25. https://ojs.unida.ac.id/JSEI/article/view/4151
Muammar Rinaldi, & Christine. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Word of Mouth Terhadap Customer Satisfiction Pada Produk Wallpaper (Ud. Elegance Interior). Jurnal Manajemen Bisnis Eka Prasetya : Penelitian Ilmu Manajemen, 6(1), 41–51. https://doi.org/10.47663/jmbep.v6i1.39
Muhyiddin, & Nugroho, H. (2020). Edisi Khusus tentang Covid-19, New Normal, dan Perencanaan Pembangunan. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 4–7. https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.120
Mujahid, A., Isharyani, M. E., & Widada, D. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Mengunakan Metode Quantitative Strategic Planning Matrik (QSPM) Studi Kasus : Borneo Project. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 7(2), 111. https://doi.org/10.26593/jrsi.v7i2.2995.111-118
Munda, N. C. P. (2019). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian di Van Hengel Katering Bandung. Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung.
Naninsih, N., & Hardiyono, H. (2019). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Kepuasan Dan Keputusan Pembelian Produk Usaha Kecil Menengah (UKM) 310 Di Makassar. Jurnal Aplikasi Manajemen & Kewirausahaan MASSARO, 1(1), 47–61. https://doi.org/10.37476/massaro.v1i1.644
Oktaviandi, R. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Ikan Pada Kelompok Tani Sugoi’s Kabupaten Sukabumi. Syntax Idea, 2(10), 827–836. http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/919
Paulus, J. J. ., Bessie, J. L. ., & Kasim, A. (2015). Pengaruh Word of Mouth (WOM) Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Kampung Adat Boti Kabupaten TTS. Journal of Management: Small and Medium Enterprises (SMEs), 1(1), 37–61.
Rasul, H. A. (2017). STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PRODUK. Jurnal BISNIS & KEWIRAUSAHAAN, 6(1), 69–79.
Rasyid, R. A., Moniharapon, S., & Trang, I. (2018). Pengaruh Strategi Promosi Melalui Social Media, Kualitas Layanan Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Pada Pt. Sinar Galesong Mandiri Malalayang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 3933–3942. https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21918
Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 1–3. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265
Sinaga, R., & Purba, M. R. (2020). Pengaruh Pandemi Virus Corona (Covid-19) Terhadap Pendapatan Pedagang Sayur Dan Buah Di Pasar Tradisional “Pajak Pagi Pasar V†Padang Bulan. Regionomic, 2(02), 37–48.
Wiwik Putri Wahyu Ningsi, S. E. (2021). Pengaruh Promosi Di Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Skincare MS GLOW. JURNAL MANAJEMEN MODAL INSANI DAN BISNIS (JMMIB), 2(1), 50–57. www. jurnal.imsi.or.id
Yamali, F. R., & Putri, R. N. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Ekonomi Indonesia. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 4(2), 384–388. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v4i2.179