Pengaruh Efektifitas Kerja dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Kasus : Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Tulang Bawang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Efektifitas Kerja (X1) dan Kualitas Layanan (X2) Terhadap Kepuasan Masyarakat (Y) dan mengetahui analisis bukti empiris pengaruh Efektifitas Kerja dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Masyarakat pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Tulang Bawang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diberikan kepada responden yang kebetulan datang di lokasi penelitian. Efektifitas Kerja dan Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat dan pengguna layanan. Hasil ini menunjukkan bahwa dengan meningkatkan Efektifitas Kerja dan kualitas pelayanan maka masyarakat pengguna layanan akan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Hipotesa yang menyatakan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan variabel Efektifitas Kerja dan Kualitas Layanan secara bersamasama terhadap kepuasan masyarakat dapat diterima. Dinas Penananaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Tulang Bawang perlu mempertahankan kualitas pelayanan agar kepuasan masyarakat yang dilayani terjaga. Sedangkan Efektifitas kerja menunjukan pengaruh yang lebih kecil terhadap kepuasan masyarakat, maka untuk masa akan datang perlu memperhatikan dan meningkatkan Efektifitas Kerja pegawai agar kepuasan masyarakat yang dilayani terjaga.
Keywords
Kepuasan Masyarakat; Kualitas Pelayanan; Pengaruh Efektifitas
References
Adithia, S., & Jaya, M. P. P. (2021). Strategi Pemasaran Digital Produk Minuman Kopi di Masa Pandemi. Journal of Research on Business and Tourism, 1(1), 37–46.
Ali, K., & Saputra, A. (2020). Tata Kelola Pemerintahan Desa Terhadap Peningkatan Pelayanan Publik Di Desa Pematang Johar. Warta Dharmawangsa, 14(4), 602–614.
Dapahari, B. V. (2019). Kualitas Pelayanan Badan Pertahanan Nasional Kota Bitung Dalam Pembuatan Sertifikat Tanah. POLITICO: Jurnal Ilmu Politik, 8(3).
Djoko, A. R. P. (2016). Efektifitas Kinerja Pegawai dan Kualitas Pelayanan dalam Perspektif Iklim Organisasi dan Lingkungan Kerja pada Kantor Bappeda Kabupaten Ngawi.
Hakim, M. (2021). Pengaruh Motivasi, Pengawasan Pimpinan Dan Insentif Terhadap Efektivitas Kerja (Studi Pada Karyawan CV. Jepara Desain 99). Doctoral Dissertation, UNISNU Jepara.
Hanifa, R., & Berlian, S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Bakso Granat Mas Azis Cabang Bukit Lama Palembang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 6(1), 73–90.
Lubis, R. P. (2020). Pengaruh Disiplin Kerja dan Pengawasan Kerja terhadap Efektivitas Kerja Karyawan pada PT. Alindobaja Perkasa Medan.
Marie, A. L., & Budi, A. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Kopi Kenangan The Breeze, Bumi Serpong Damai. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 25(2), 99–107.
Naili Farda. (2013). Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan pada Pelanggan Bus Efisiensi.
Nurdin, N. H. (2019). Optimalisasi Pelayanan Publik Dalam Perspektif New Publick Service Pada Badan Pendapatan Daerah Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Pranata Edu, 1(1), 1–13.
Suandi, S. (2019). Analisis Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Studi Kebijakan (JIASK), 13–22.
Taruna, N. N. (2021). Efektivitas Kerja Pegawai Kantor Dprd Kabupaten Jombang Dengan Sistem Work From Home (WFH). STIE PGRI Dewantara Jombang.
Tirtayasa, S., Lubis, A. P., & Khair, H. (2021). Keputusan pembelian: sebagai variabel mediasi hubungan kualitas produk dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 5, 67–86.
Wati, S. M., & Nugraheni, A. P. (2020). Analisis Faktor Penghambat Penyusunan SPJ Pengeluaran Di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Magelang. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 3(2), 232–239.
Widanti, N. P. T. (2022). Konsep Good Governance dalam Perspektif Pelayanan Publik: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Abdimas Peradaban, 3(1), 73–85.
Yodi, D. (2020). Efektivitas Koordinasi Dalam Pelaksanaan Tugas Di Puskemas Kecamatan Gambir. Jurnal Sumber Daya Aparatur, 2(1).
DOI: https://doi.org/10.24967/feb.v3i1.2165
Article Metrics
Abstract view : 1793 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 1035 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract
Keywords
References
Adithia, S., & Jaya, M. P. P. (2021). Strategi Pemasaran Digital Produk Minuman Kopi di Masa Pandemi. Journal of Research on Business and Tourism, 1(1), 37–46.
Ali, K., & Saputra, A. (2020). Tata Kelola Pemerintahan Desa Terhadap Peningkatan Pelayanan Publik Di Desa Pematang Johar. Warta Dharmawangsa, 14(4), 602–614.
Dapahari, B. V. (2019). Kualitas Pelayanan Badan Pertahanan Nasional Kota Bitung Dalam Pembuatan Sertifikat Tanah. POLITICO: Jurnal Ilmu Politik, 8(3).
Djoko, A. R. P. (2016). Efektifitas Kinerja Pegawai dan Kualitas Pelayanan dalam Perspektif Iklim Organisasi dan Lingkungan Kerja pada Kantor Bappeda Kabupaten Ngawi.
Hakim, M. (2021). Pengaruh Motivasi, Pengawasan Pimpinan Dan Insentif Terhadap Efektivitas Kerja (Studi Pada Karyawan CV. Jepara Desain 99). Doctoral Dissertation, UNISNU Jepara.
Hanifa, R., & Berlian, S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Bakso Granat Mas Azis Cabang Bukit Lama Palembang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 6(1), 73–90.
Lubis, R. P. (2020). Pengaruh Disiplin Kerja dan Pengawasan Kerja terhadap Efektivitas Kerja Karyawan pada PT. Alindobaja Perkasa Medan.
Marie, A. L., & Budi, A. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Kopi Kenangan The Breeze, Bumi Serpong Damai. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 25(2), 99–107.
Naili Farda. (2013). Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan pada Pelanggan Bus Efisiensi.
Nurdin, N. H. (2019). Optimalisasi Pelayanan Publik Dalam Perspektif New Publick Service Pada Badan Pendapatan Daerah Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Pranata Edu, 1(1), 1–13.
Suandi, S. (2019). Analisis Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Studi Kebijakan (JIASK), 13–22.
Taruna, N. N. (2021). Efektivitas Kerja Pegawai Kantor Dprd Kabupaten Jombang Dengan Sistem Work From Home (WFH). STIE PGRI Dewantara Jombang.
Tirtayasa, S., Lubis, A. P., & Khair, H. (2021). Keputusan pembelian: sebagai variabel mediasi hubungan kualitas produk dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 5, 67–86.
Wati, S. M., & Nugraheni, A. P. (2020). Analisis Faktor Penghambat Penyusunan SPJ Pengeluaran Di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Magelang. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 3(2), 232–239.
Widanti, N. P. T. (2022). Konsep Good Governance dalam Perspektif Pelayanan Publik: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Abdimas Peradaban, 3(1), 73–85.
Yodi, D. (2020). Efektivitas Koordinasi Dalam Pelaksanaan Tugas Di Puskemas Kecamatan Gambir. Jurnal Sumber Daya Aparatur, 2(1).