Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Kinerja Guru Pada SMK Negeri Tanjung Sari, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung

Istiqomah Istiqomah, Siti Patimah, Ruhban Masykur

Abstract


Dalam menjalankan fungsi dan tugasnya, guru dituntut mempunyai kedisiplinan yang baik sehingga kualitas pendidikan yang diberikan kepada anak didik mendapat hasil yang optimal. Penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 32 responden. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu: 2 (dua) variabel bebas (X1 dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana motivasi kerja (X1) dan kompetensi kepribadian guru (X2) sebagai variabel bebas dan kinerja guru (Y) sebagai variabel terikat. Dari hasil pengolahan data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh motivasi kerja (X1) terhadap kinerja guru (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 86,9 persen. Terdapat pengaruh kompetensi kepribadian guru (X2) terhadap kinerja guru (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 94 persen. Terdapat pengaruh motivasi kerja (X1) dan kompetensi kepribadian guru (X2) secara bersama – sama terhadap kinerja guru (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 94 persen. Berdasarkan olah data analisis melalui uji hipotesis baik secara parsial maupun simultan dinyatakan bahwa setiap variabel bebas memiliki pengaruh terhadap variabel terikat serta terdapat hal yang perlu ditingkatkan guna meningkatkan kinerja guru demi tercapainya tujuan organisasi. Berdasarkan olah data analisis melalui uji hipotesis baik secara parsial maupun simultan dinyatakan bahwa setiap variabel bebas memiliki pengaruh terhadap variabel terikat serta terdapat hal yang perlu ditingkatkan guna meningkatkan kinerja guru demi tercapainya tujuan organisasi.


Keywords


Motivasi Kerja; Kompetensi Kepribadian Guru; Kinerja Guru

References


Agustian, R. (2016). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana.

Handayani, R. (2016). Pengaruh Evaluasi Program Pendidikan, Supervisi Kepala Sekolah, Dan Budaya Kerja Terhadap Motivasi Guru Sma Al-Khairiyah. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 181–188.

Hariyadi, A., Nugraheni, L., & Shofwani, S. A. (2023). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Masa Pandemi. Equity In Education Journal.

Ingsih, K. (2011). Menerapkan etos kerja profesional dalam meningkatkan kinerja.

Irsyad, M. (2020). Kompetensi Kepribadian Pendidik Dalam Tafsir Asy-Sya’rawi Pada Surah Luqman Ayat 13-19.

Mangkunegara, A. A. P., & Puspitasari, M. (2015). Kecerdasan emosi guru, stres kerja, dan kinerja guru SMA. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran.

Ridho, M., & Susanti, F. (2019). Pengaruh Stres Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pada Karyawan Bank Mandiri Syariah Cabang Padang.

Selasih, N. N. (2015). Peranan Sentral Guru Agama Hindu Dalam Pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional Di Indonesia Dan Pembangunan Karakter Bangsa Yang Berakhlak Mulia, Jujur, Terampil, Berhati Suci Dan Bersih Lahir Batin. Jurnal Penjaminan Mutu, 54–66.

Selasih, N. N. (2017). Upaya Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Hindu.

Silvia Novitasari, H. (2022). Analisis Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dan Motivasi Terhadap Kinerja Inovatif Guru Di Sdn Kejapanan Iv Dan Sdn Ngerong Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan. Jurnal Magister, 51–62.




DOI: https://doi.org/10.24967/feb.v3i1.2173

Article Metrics

Abstract view : 1123 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 426 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.