Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Keadilan Prosedural Terhadap Citizenship Behavior Pada Guru Sekolah Dasar Negeri Lampung Utara
Abstract
Citizenship behavior adalah salah satu faktor terpenting yang dapat mendukung tujuan sekolah, dapat dipengaruhi oleh faktor kepemimpinan maupun keadilan yang dirasakan oleh seorang guru di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang pengaruh kepemimpinan sekolah dan keadilan prosedural terhadap citizenship behavior. Survei kausal melibatkan 275 guru sebagai sampel dipilih menggunakan Simple Random Sampling (SRS). Ada tiga instrumen yang dikembangkan untuk mengukur citizenship behavior (32 item) dengan reliabilitas 0,916 persen kepemimpinan sekolah (40 item) dengan reliabilitas 0,938 persen dan keadilan prosedural (26 item) dengan reliabilitas 0,893 persen. Data dianalisis menggunakan regresi, korelasi, dan analisis jalur. Hasil analisis menunjukkan bahwa kepemimpinan sekolah dan keadilan prosedural memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap citizenship behavior guru. Keadilan prosedural tidak dapat dikatakan sebagai variabel mediasi yang baik bagi kepemimpinan sekolah dan citizenship behavior. Oleh karena itu, untuk meningkatkan citizenship behavior guru, faktor seperti kepemimpinan sekolah dan keadilan prosedural perlu dipertimbangkan.
Keywords
Kepemimpinan Sekolah; Keadilan Prosedural; Citizenship Behavior
References
Algadri, R. A. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Budaya Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada Karyawan Di Pt. Primissima Sleman, YOGYAKARTA.
Asmani, J. M. M. (2016). Tips Efektif Cooperative Learning: Pembelajaran Aktif, Kreatif, dan Tidak Membosankan.
Budaya, B. (2017). Manajemen pembiayaan pendidikan pada sekolah dasar yang efektif.
Faturahman, B. M. (2018). Kepemimpinan dalam budaya organisasi. Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan.
Firdianti, A. (2018). Implementasi manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.
Furkan, N. (2013). Pendidikan karakter melalui budaya sekolah.
Gunawan, I. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Kepuasan Kerja terhadap Perilaku Kewargaan Organisasi Guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Kras Kabupaten Kediri. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran.
Guntoro, G. (2020). Supervisi Pengawas dan Kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai Stimulus dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Iqra’.
Iskandar, U. (2013). Kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan.
Ningrum, D. N. (2020). Pengaruh Intellectual Capital, Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior Dan Kinerja Karyawan Pada PT. Japfa Comfeed Indonesia, Tbk Cabang Makassar.
Ningsih, K. M. T. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Dan Stres Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Pt Bpd Bali Kantor Cabang Utama Denpasar.
Novianjani, D. H. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Sekolah Dan Keadilan Prosedural Terhadap Citizenship Behavior (Studi Kausal terhadap Guru Sekolah Menengah Atas di Jakarta Timur).
Octavia, L. S., & Savira, S. I. (2016). Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru dan tenaga kependidikan. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 7–14.
Priyatna, M. (2017). Manajemen pengembangan sdm pada lembaga pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam.
Rijanti, T., Indriyaningrum, K., Yunianto, A., & Yusuf, I. (2020). Peran Kepemimpinan Transformasional dalam Memperkuat Pengaruh Efikasi diri dan Motivasi pada Kinerja Pegawai. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi.
Saputra, P. W., & Yhani, P. C. C. (2021). Menciptakan Daya Magnetis Guru Pendidikan Agama Hindu dalam Meningkatkan Motivasi Siswa melalui Hypnoteaching Methode. 105–116.
Sawan, F., Nurhattati, M. P., & Karnati, N. (2021). Knowledge sharing: strategi penguatan perilaku berbagi pengetahuan guru dalam perspektif servant leadership.
Soegandhi, V. M. (2013). Pengaruh kepuasan kerja dan loyalitas kerja terhadap organizational citizenship behavior pada karyawan PT. Surya Timur Sakti Jatim. 808–819
DOI: https://doi.org/10.24967/feb.v3i1.2218
Article Metrics
Abstract view : 1149 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 462 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract
Keywords
References
Algadri, R. A. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Budaya Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada Karyawan Di Pt. Primissima Sleman, YOGYAKARTA.
Asmani, J. M. M. (2016). Tips Efektif Cooperative Learning: Pembelajaran Aktif, Kreatif, dan Tidak Membosankan.
Budaya, B. (2017). Manajemen pembiayaan pendidikan pada sekolah dasar yang efektif.
Faturahman, B. M. (2018). Kepemimpinan dalam budaya organisasi. Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan.
Firdianti, A. (2018). Implementasi manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.
Furkan, N. (2013). Pendidikan karakter melalui budaya sekolah.
Gunawan, I. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Kepuasan Kerja terhadap Perilaku Kewargaan Organisasi Guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Kras Kabupaten Kediri. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran.
Guntoro, G. (2020). Supervisi Pengawas dan Kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai Stimulus dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Iqra’.
Iskandar, U. (2013). Kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan.
Ningrum, D. N. (2020). Pengaruh Intellectual Capital, Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior Dan Kinerja Karyawan Pada PT. Japfa Comfeed Indonesia, Tbk Cabang Makassar.
Ningsih, K. M. T. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Dan Stres Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Pt Bpd Bali Kantor Cabang Utama Denpasar.
Novianjani, D. H. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Sekolah Dan Keadilan Prosedural Terhadap Citizenship Behavior (Studi Kausal terhadap Guru Sekolah Menengah Atas di Jakarta Timur).
Octavia, L. S., & Savira, S. I. (2016). Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru dan tenaga kependidikan. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 7–14.
Priyatna, M. (2017). Manajemen pengembangan sdm pada lembaga pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam.
Rijanti, T., Indriyaningrum, K., Yunianto, A., & Yusuf, I. (2020). Peran Kepemimpinan Transformasional dalam Memperkuat Pengaruh Efikasi diri dan Motivasi pada Kinerja Pegawai. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi.
Saputra, P. W., & Yhani, P. C. C. (2021). Menciptakan Daya Magnetis Guru Pendidikan Agama Hindu dalam Meningkatkan Motivasi Siswa melalui Hypnoteaching Methode. 105–116.
Sawan, F., Nurhattati, M. P., & Karnati, N. (2021). Knowledge sharing: strategi penguatan perilaku berbagi pengetahuan guru dalam perspektif servant leadership.
Soegandhi, V. M. (2013). Pengaruh kepuasan kerja dan loyalitas kerja terhadap organizational citizenship behavior pada karyawan PT. Surya Timur Sakti Jatim. 808–819