Pengaruh Kompetensi Guru dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada Madrasah Aliyah Kabupaten Pesisir Barat

Nur Etikawati, Undang Rosidin, Ruhban Masykur

Abstract


Guru merupakan satu komponen yang sangat berperan dalam proses pembelajaran, dan secara langsung berperan dalam peningkatan kualitas belajar siswa dan memiliki peran yang sangat penting dalam mencapai tujuan pendidikan. Dikatakan demikian karena penyelenggaraan dan keberhasilan proses pendidikan pada semua jenjang banyak ditentukan oleh faktor pendidik. Dalam menjalankan fungsi dan tugasnya guru dituntut mempunyai kedisiplinan yang baik sehingga kualitas pendidikan yang diberikan kepada anak murid mendapat hasil yang optimal. Penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 31 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu: 2 (dua) variabel bebas (X1 dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana kompetensi guru (X1) dan disiplin kerja (X2) sebagai variabel bebas dan kinerja guru (Y) sebagai variabel terikat. Dari hasil pengolahan data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh kompetensi guru (X1) terhadap kinerja guru (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 65 persen. Terdapat pengaruh disiplin kerja (X2) terhadap kinerja guru (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 59,5 persen. Terdapat pengaruh kompetensi guru (X1) dan disiplin kerja (X2) secara bersama – sama terhadap kinerja guru (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 45 persen. Berdasarkan olah data analisis melalui uji hipotesis baik secara parsial maupun simultan dinyatakan bahwa setiap variabel bebas memiliki pengaruh terhadap variabel terikat serta terdapat hal yang perlu ditingkatkan guna meningkatkan kinerja guru demi tercapainya tujuan organisasi.


Keywords


Kompetensi Guru; Disiplin Kerja; Kinerja Guru

References


Emda, A. (2016). Strategi Peningkatan Kinerja Guru Yang Profesional. Lantanida Journal, 111–117.

Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2017). Implementasi pendidikan karakter di sekolah melalui keteladanan dan pembiasaan. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 25–29.

Laksana, R. (2018). Himpunan Lengkap Undang-Undang Republik Indonesia Tentang Guru dan Dosen.

Liando, M. A. (2019). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dan Kepercayaan Guru Terhadap Produktivitas Kerja Guru Sekolah Dasar Di Kota Tomohon. Jurnal Mitra Manajemen, 230–242.

Madile, R. (2015). Pentingnya Kedisiplinan Kerja Karyawan Di Departemen Aviation Dan Cargo Pada Pt. Angkasa Pura I (Persero) Bandaraudara Internasional Sam Ratulangi Manado.

Raharjo, S. B. (2010). Pendidikan karakter sebagai upaya menciptakan akhlak mulia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 229–238.

Satrio, S., Hasibuan, L., Us, K. A., & Rizki,

A. F. (2021). Administrasi Kurikulum, Kesiswaan, Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam Tinjauan Administasi Sekolah. Journal of Islamic Educational Management, 92–101.

Sholeh, M. (2016). Keefektifan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 41–54.

Wea, Y. (2022). Peningkatan Kinerja Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran yang Efektif Melalui Supervisi Kelas di SDI Waewaru Tahun Pelajaran 2021/2022. Warta Pendidikan| E-Journal.




DOI: https://doi.org/10.24967/feb.v3i1.2225

Article Metrics

Abstract view : 1132 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 472 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.