Pengaruh Pelaporan Dan Pelayanan Pelaporan Terhadap Kualitas Pelayanan di SPKT Polda Lampung
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelaporan dan pelayanan pelaporan terhadap kualitas pelayanan di SPKT Polda Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik cluster random sampling dengan jumlah responden sebanyak 51 orang. Analisis dipakai menggunakan analisis kuantitatif dan pengolahan data menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaporan berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai dengan kontribusi pengaruh sebesar 84,3 persen. Selanjutnya Pelayanan Pelaporan juga berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai dengan kontribusi pengaruh sebesar 87 persen. Uji regresi menunjukkan secara bersama-sama terdapat pengaruh positif antara Pelaporan dan Pelayanan Pelaporan terhadap Kualitas Pelayanan. Besarnya pengaruh kedua variabel X1 dan X2 terhadap Y sebesar 89,7 persen, sisanya 10,3 persen dipengaruhi oleh variabel-variabel lain di luar penelitian ini.
Keywords
Kualitas Pelayanan; Pelaporan; Pelayanan Pelaporan
References
Anwar, F., Neliwati, N., & Rohman, F. (2022). Koordinasi Antara Komite Sekolah Dengan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SdDN 104185 Sei Semayang. Jurnal Fadillah: Manajemen Pendidikan Islam & Umum, 2(1).
Ayunasrah, T., Ratnawati, R., Diana, R., & Ansari, A. (2022). Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Mediasi pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bener Meriah. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 4(1), 1–10.
Bahri, S. (2019). Pengaruh penempatan, motivasi, dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 16–30.
Bahtiar, R., Myrna, R., & Susanti, E. (2021). Digital Government Dalam Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Berbasis Aplikasi SAMSAT Mobile Jawa Barat (SAMBARA) di Jawa Barat. Kolaborasi: Jurnal Administrasi Publik, 7(2), 230–253.
Daulay, N., & Hikmah, H. (2020). RETRACTED: Pengaruh motivasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan PT. Poetra Jaya Sukses Mandiri di Batam. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 9(1), 13–18.
Dedi, A. (2019). Negara-Negara Berkembang Dalam Pusaran Politik Globalisasi Dunia. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 3(1), 15–26.
Dwiyanto, A. (2021). Reformasi birokrasi publik di Indonesia.
Hadju, L., & Adam, N. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perhubungan Kabupaten Bone Bolango. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 6(2), 125–135.
Hidayat, A., Mattalatta, S., & Sani, A. (2020). Pengaruh kompetensi terhadap kinerja melalui kepuasan kerja pada dinas sosial Kota Makassar. Jurnal Mirai Management, 5(3), 202–212.
Jafar, M. U. A., Rachman, M. T., & Iswanto, D. (2020). Persepsi Pegawai Terhadap Kehadiran Calo Layanan Administrasi Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Bima. Journal of Government and Politics (JGOP), 2(2), 166–180.
Kurniawan, R., & Hazir, A. Y. (2019). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Lingkungan Kerja dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Yang Berdampak Pada Prestasi Kerja. JEM Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 5(1), 115–134.
Masriansyah, L. (2020). Go Digitial and Customer Relationship Marketing sebagai Strategi Pemulihan Bisnis UMKM yang Efektif dan Efisien di Masa Adaptasi New Normal. Equator Journal of Management and Entrepreneurship, 8(4), 126–140.
Maulyan, F. F., Drajat, D. Y., Angliawati, R. Y., & Sandini, D. (2022). Pengaruh Service Excellent Terhadap Citra Perusahaan Dan Loyalitas Pelanggan: Theoretical Review. Jurnal Sains Manajemen, 4(1), 8–17.
Murtafiah, N. H. (2022). Analisis Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia Yang Handal Dan Profesional (Studi Kasus: Iai An Nur Lampung). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(02).
Prasetyo, M. A. M., & Anwar, K. (2021). Karakteristik Komunikasi Interpersonal serta Relevansinya dengan Kepemimpinan Transformasional. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 25.
Rahman, Z., Rozikin, M., & Sentanu, I. G. E. P. S. (2022). Implementasi Kebijakan Peraturan Walikota Batu Nomor 56 Tahun 2020 Berbasis Collaborative Pentha Helix (Studi pada Sektor Pariwisata Kota Batu). Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 8(3), 262–275.
Ramdhani, E. C., Permatasari, D. I., Sapitri, J. E., Asep, A., & Siswidiyanto, S. (2021). Sipeka (Sistem Informasi Pelayanan Skck) Pada Polsek Kotabaru Kab. Karawang. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 5(1), 99–116.
Sholikhah, Z. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Rendah Hati, Kualitas Kehidupan Kerja dan Motivasi Pelayanan terhadap Organizational Citizenship Behavior Pegawai Sektor Publik. Probisnis, 14(1), 53–67.
Siregar, Y. S., Nugroho, Y. A., Tlonaen, A., Basuki, A. D., Jiasti, F. D., & Sigit, Y. S. (2022). Implementasi Kompensasi Berupa Reward/Penghargaan Promosi Mengikuti Pendidikan Pengembangan Bagi Anggota/PNS Polri Polda Metro Jaya. Journal of Public Policy and Applied Administration.
Tanjung, R., Cecep, C., Sulaeman, D., Hanafiah, H., & Arifudin, O. (2019). Manajemen Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Pembelajaran (Studi Kasus di STIT Rakeyan Santang Karawang). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 234–242.
Umiati, S. D., Mellyana, M., Kurniasih, N., Waluyo, S. H., & Hamka, H. (2022). Analisis Pengaruh Penempatan Perwira Polri (Lulusan Sekolah Inspektur Polisi TA 2021) Terhadap Motivasi Kerja pada Ditbinmas Polda Metro Jaya. Journal of Public Policy and Applied Administration.
Widagdo, J. W., Gunistiyo, G., Indriasih, D., & Prihadi, D. (2020). Tingkat Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Kepolisian Resor Brebes. Performance: Jurnal Personalia, Financial, Operasional, Marketing Dan Sistem Informasi, 27(2), 62–75.
Zuhra, A. (2020). Analisis Yuridis Biolaw dan Penerapan di Indonesia Menurut Hukum Internasional. Hukum Pidana Dan Pembangunan Hukum, 2(2).
DOI: https://doi.org/10.24967/feb.v3i1.2250
Article Metrics
Abstract view : 1173 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 495 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelaporan dan pelayanan pelaporan terhadap kualitas pelayanan di SPKT Polda Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik cluster random sampling dengan jumlah responden sebanyak 51 orang. Analisis dipakai menggunakan analisis kuantitatif dan pengolahan data menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaporan berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai dengan kontribusi pengaruh sebesar 84,3 persen. Selanjutnya Pelayanan Pelaporan juga berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai dengan kontribusi pengaruh sebesar 87 persen. Uji regresi menunjukkan secara bersama-sama terdapat pengaruh positif antara Pelaporan dan Pelayanan Pelaporan terhadap Kualitas Pelayanan. Besarnya pengaruh kedua variabel X1 dan X2 terhadap Y sebesar 89,7 persen, sisanya 10,3 persen dipengaruhi oleh variabel-variabel lain di luar penelitian ini.
Keywords
References
Anwar, F., Neliwati, N., & Rohman, F. (2022). Koordinasi Antara Komite Sekolah Dengan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SdDN 104185 Sei Semayang. Jurnal Fadillah: Manajemen Pendidikan Islam & Umum, 2(1).
Ayunasrah, T., Ratnawati, R., Diana, R., & Ansari, A. (2022). Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Mediasi pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bener Meriah. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 4(1), 1–10.
Bahri, S. (2019). Pengaruh penempatan, motivasi, dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 16–30.
Bahtiar, R., Myrna, R., & Susanti, E. (2021). Digital Government Dalam Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Berbasis Aplikasi SAMSAT Mobile Jawa Barat (SAMBARA) di Jawa Barat. Kolaborasi: Jurnal Administrasi Publik, 7(2), 230–253.
Daulay, N., & Hikmah, H. (2020). RETRACTED: Pengaruh motivasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan PT. Poetra Jaya Sukses Mandiri di Batam. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 9(1), 13–18.
Dedi, A. (2019). Negara-Negara Berkembang Dalam Pusaran Politik Globalisasi Dunia. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 3(1), 15–26.
Dwiyanto, A. (2021). Reformasi birokrasi publik di Indonesia.
Hadju, L., & Adam, N. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perhubungan Kabupaten Bone Bolango. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 6(2), 125–135.
Hidayat, A., Mattalatta, S., & Sani, A. (2020). Pengaruh kompetensi terhadap kinerja melalui kepuasan kerja pada dinas sosial Kota Makassar. Jurnal Mirai Management, 5(3), 202–212.
Jafar, M. U. A., Rachman, M. T., & Iswanto, D. (2020). Persepsi Pegawai Terhadap Kehadiran Calo Layanan Administrasi Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Bima. Journal of Government and Politics (JGOP), 2(2), 166–180.
Kurniawan, R., & Hazir, A. Y. (2019). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Lingkungan Kerja dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Yang Berdampak Pada Prestasi Kerja. JEM Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 5(1), 115–134.
Masriansyah, L. (2020). Go Digitial and Customer Relationship Marketing sebagai Strategi Pemulihan Bisnis UMKM yang Efektif dan Efisien di Masa Adaptasi New Normal. Equator Journal of Management and Entrepreneurship, 8(4), 126–140.
Maulyan, F. F., Drajat, D. Y., Angliawati, R. Y., & Sandini, D. (2022). Pengaruh Service Excellent Terhadap Citra Perusahaan Dan Loyalitas Pelanggan: Theoretical Review. Jurnal Sains Manajemen, 4(1), 8–17.
Murtafiah, N. H. (2022). Analisis Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia Yang Handal Dan Profesional (Studi Kasus: Iai An Nur Lampung). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(02).
Prasetyo, M. A. M., & Anwar, K. (2021). Karakteristik Komunikasi Interpersonal serta Relevansinya dengan Kepemimpinan Transformasional. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 25.
Rahman, Z., Rozikin, M., & Sentanu, I. G. E. P. S. (2022). Implementasi Kebijakan Peraturan Walikota Batu Nomor 56 Tahun 2020 Berbasis Collaborative Pentha Helix (Studi pada Sektor Pariwisata Kota Batu). Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 8(3), 262–275.
Ramdhani, E. C., Permatasari, D. I., Sapitri, J. E., Asep, A., & Siswidiyanto, S. (2021). Sipeka (Sistem Informasi Pelayanan Skck) Pada Polsek Kotabaru Kab. Karawang. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 5(1), 99–116.
Sholikhah, Z. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Rendah Hati, Kualitas Kehidupan Kerja dan Motivasi Pelayanan terhadap Organizational Citizenship Behavior Pegawai Sektor Publik. Probisnis, 14(1), 53–67.
Siregar, Y. S., Nugroho, Y. A., Tlonaen, A., Basuki, A. D., Jiasti, F. D., & Sigit, Y. S. (2022). Implementasi Kompensasi Berupa Reward/Penghargaan Promosi Mengikuti Pendidikan Pengembangan Bagi Anggota/PNS Polri Polda Metro Jaya. Journal of Public Policy and Applied Administration.
Tanjung, R., Cecep, C., Sulaeman, D., Hanafiah, H., & Arifudin, O. (2019). Manajemen Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Pembelajaran (Studi Kasus di STIT Rakeyan Santang Karawang). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 234–242.
Umiati, S. D., Mellyana, M., Kurniasih, N., Waluyo, S. H., & Hamka, H. (2022). Analisis Pengaruh Penempatan Perwira Polri (Lulusan Sekolah Inspektur Polisi TA 2021) Terhadap Motivasi Kerja pada Ditbinmas Polda Metro Jaya. Journal of Public Policy and Applied Administration.
Widagdo, J. W., Gunistiyo, G., Indriasih, D., & Prihadi, D. (2020). Tingkat Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Kepolisian Resor Brebes. Performance: Jurnal Personalia, Financial, Operasional, Marketing Dan Sistem Informasi, 27(2), 62–75.
Zuhra, A. (2020). Analisis Yuridis Biolaw dan Penerapan di Indonesia Menurut Hukum Internasional. Hukum Pidana Dan Pembangunan Hukum, 2(2).