PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA PUSKESMAS NGAMBUR KABUPATEN PESISIR BARAT

Mirwan Fajri, Sodirin Sodirin

Abstract


Kompetensi SDM dan pengalaman kerja penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan karena dapat membuat pegawai bekerja lebih efektif dan efisien. Hal ini dapat menghasilkan produk atau layanan yang berkualitas dan memuaskan konsumen dalam hal ini pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kompetensi SDM dan pengalaman kerja terhadap kualitas pelayanan pada Puskesmas Ngambur Kabupaten Pesisir Barat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif lapangan (field reseach) yaitu penelitian yang menekankan analisisnya pada data-data yang berupa angka dan penelitiannya mengkaji kehidupan nyata di lapangan dalam hal ini pada objek yang diteliti. Penelitian ini menggunakan 63 responden penelitian. Berdasarkan analisis data telah ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; Terdapat pengaruh kompetensi SDM (X1) terhadap kualitas pelayanan (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 40,9%. Terdapat pengaruh pengalaman kerja (X2) terhadap kualitas pelayanan (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 18,5%. Terdapat pengaruh kompetensi SDM (X1) dan pengalaman kerja (X2) secara bersama-sama terhadap kualitas pelayanan (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 50,9%.

Keywords


Kompetensi SDM, pengalaman kerja, kualitas pelayanan.

References


Amni, Haerul. 2023. “Analisis Faktor Internal Yang Mempengaruhi Motivasi Kerja Karyawan Pada Hotel ‘XY.’” Assets Journal: Management, Administration, Economics, and Accounting 1(2):7–13.

Anisa, F., and E. Yuliyanto. 2017. “Seminar Nasional Pendidikan, Sains Dan Teknologi ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA TEUKU UMAR SEMARANG.” Seminar Nasional Pendidikan, Sains Dan Teknologi 476–82.

Bukhori, Farhan, and . Laksmi. 2019. “Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Arsiparis Di Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).” Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan 12(1):51. doi: 10.22146/khazanah.47259.

Cahyani, Brendah Gita, and Taufiq Rahman Ilyas Slamet Muchsin. 2025. “KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS TUMPANG KABUPATEN MALANG.” 19(2):1–9.

Choiri, Miptahul. 2025. “Pengaruh Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pekerjaan Umum Dan Tata Ruang Kabupaten Batang Hari Jambi.” 10(03):344–54. doi: 10.22437/jaku.v10i03.47696.

Etik Setyorini, Etik Setyorini, and Hanifah Noviandari. 2022. “Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pengalaman Kerja, Dan Komitmen Terhadap Kinerja Karyawan.” QULUBANA: Jurnal Manajemen Dakwah 3(1):47–61. doi: 10.54396/qlb.v3i1.295.

Hidayat, Yayat. 2018. “Pengalaman Kerja Dan Profesionalisme Dalam Peningatan Kinerja Personil Kepolisian.” Pelaksanaan Pekerjaan Galian Diversion Tunnel Dengan Metode Blasting Pada Proyek Pembangunan Bendungan Leuwikeris Paket 3, Kabupaten Ciamis Dan Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat 1(11150331000034):1–147.

Luthfia, Agusniar Rizka, and Eka Nada Shofa Alkhajar. 2019. “Praktik Pelayanan Publik: Puskesmas Sebagai Garda Terdepan Pelayanan Kesehatan.” Decision: Jurnal Administrasi Publik 1(2):71. doi: 10.23969/decision.v1i2.1802.

Mugiono. 2025. “Pengaruh Mutasi Kerja Dan Perubahan Struktur Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Pengalaman Kerja Sebagai Moderating.”

Nafisatul Ilim, A.Khairul Wahyudi, Fadlan Kurniadi, Siti Hairunnisa, and M.Isa Anshori. 2023. “Pengaruh Pengalaman Kerja, Pelatihan, Dan Motivasi Kerja Karyawan Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Ekonomi 2(1):39–54. doi: 10.54066/jmbe-itb.v2i1.983.




DOI: https://doi.org/10.24967/saburaiijssd.v9i1.4515

Article Metrics

Abstract view : 4 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Mirwan Fajri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  Â