PENGARUH STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR IMIGRASI KELAS I TEMPAT PEMERIKSAAN IMIGRASI (TPI) BANDAR LAMPUNG
Abstract
Pelayanan publik yang diberikan instansi Pemerintah kepada masyarakat merupakan perwujudan fungsi aparatur negara sebagai abdi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh Standar Operasional Prosedur (SOP) dan pengaruh kualitas pelayanan terhadap kinerja pegawai pada kantor imigrasi kelas I TPI Bandar Lampung. Sampel dari penelitian ini menggunakan 39 responden penelitian. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survey berbasis instrumen, teknik analisis yang dilakukan yaitu uji validitas dan uji reliabilitas dengan uji hipotesis parsial, uji korelasi secara simultan. Dari hasil pengolahan data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh standar operasional prosedur (X1) terhadap kinerja pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 83,8%. Terdapat pengaruh kualitas pelayanan (X2) terhadap kinerja pegawai (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 83,6%. Terdapat pengaruh standar operasional prosedur (X1) dan kualitas pelayanan (X2) secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 84,0%.
Keywords
Kinerja Pegawai, Kualitas Pelayanan, Standard Operasional Prosedur
Full Text:
PDF
References
Alwi, Idrus. 2015. “Kriteria Empirik Dalam Menentukan Ukuran Sampel Pada Pengujian Hipotesis Statistika Dan Analisis Butir.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 2(2):140–48. doi: 10.30998/formatif.v2i2.95.
Aprianis. 2019. “PENGARUH KOMUNIKASI INTERNAL DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP KINERJA GURU PADA SMPN 1 ABUNG TENGAH KABUPATEN LAMPUNG UTARA.” Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS) 5(2):9–18.
Ardiansyah, Yusuf, and Lisa Harry Sulistiyowati. 2018. “Pengaruh Kompetensi Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Pegawai.” Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen 2(1):91. doi: 10.33603/jibm.v2i1.1064.
Aryani, Dwi, and Febrina Rosinta. 2010. “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan.” Jurnal Ilmu Administrasi Dan Organisasi 17(2):114–26.
Charina, Anne, Rani Andriani Budi Kusumo, Agriani Hermita Sadeli, and Yosini Deliana. 2018. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Petani Dalam Menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) Sistem Pertanian Organik Di Kabupaten Bandung Barat.” Jurnal Penyuluhan 14(1). doi: 10.25015/penyuluhan.v14i1.16752.
Christian, Andy. 2014. “Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan.” Ceramics - Technical 1(40):92–95.
Fatona, Siti. 2010. “Kualitas Jasa Yang Mempengaruhi Loyalitas Dan Relevansinya Terhadap Kepuasan.” Jurnal Dinamika Manajemen 1(1):41–46. doi: 10.15294/jdm.v1i1.2448.
Kiliks, Alfiano Patrik. 2015. “Penerapan Standar Operasional Prosedur Dalam Pelaksanaan Tugas Pemerintah Kecamatan Malalayang Kota Manado1.” Jurnal Politico 4(1).
Lesmana, Rosa. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pt. Radekatama Piranti Nusa.” Jurnal Pemasaran Kompetitif 2(2):115. doi: 10.32493/jpkpk.v2i2.2464.
Maskur, Ruhban, Sumarno, Yasinta Rahmawati, Kenny Pradana, Muhamad Syazali, Ari Septian, and Endah Kinarya Palupi. 2020. “The Effectiveness of Problem Based Learning and Aptitude Treatment Interaction in Improving Mathematical Creative Thinking Skills on Curriculum 2013.” European Journal of Educational Research 9(1):375–83. doi: 10.12973/eu-jer.9.1.375.
M.K.Tuck, D.W.Chan, D.Chia, A.K.Godwin, W.E.Grizzle, K.E.Krueger, W.Rom, M.Sanda, L.Sorbara, S.Stass, and D.E.Brenner. 2010. “Standard Operating Procedures for Serum and Plasma Collection: Early Detection Research Network Consensus Statement.” Journal of Proteome Research 8(1):113–17.
Munir, Jamilah. 2011. “Analisis Pelayanan Publik Terhadap Masyarakat Kasus Pelayanan Kesehatan Di Kabupaten Agam.”
Nugraheni, Ratih, Apriatni Endang Prihatini, and Agung Budiatmo. 2014. “Pengaruh Standar Operasional Prosedur Dan Pengawasan Terhadap Kinerja Pramuniaga Pasaraya Sriratu Pemuda Semarang.” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 3(2):187–95.
Pramudyo, Anung. 2013. “Implementasi Manajemen Kepemimpinan Dalam Pencapaian Tujuan Organisasi.” Jurnal Bisnis Manajemen Dan Akuntansi I(2):49–61.
Rachmi, Annisa, Tony Dwi Susanto, and Anisah Herdiyanti. 2014. “Pembuatan Standard Operating Procedure (SOP) Service Desk Berdasarkan Kerangka Kerja ITIL V3 Dengan Menggunakan Metode Analisis Gap Layanan ( Studi Kasus : PT XZY Tangerang).” Jurnal Teknik Pomits 3(2):175–80.
Rohmatulloh, Wahyu dan, and Budhi Satrio. 2017. “Pengaruh Lingkungan Kerja, Komunikasi Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan.” Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen 6(9):2461–0593.
Sari, Ririn Nur Indah, and Hady Siti Hadijah. 2016. “Peningkatan Kinerja Pegawai Melalui Kepuasan Kerja Dan Disiplin Kerja.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 1(1):204. doi: 10.17509/jpm.v1i1.3389.
Suhardi, Suhardi. 2019. “Pengaruh Motivasi Kerja, Kompetensi, Lingkungan Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Asuransi Jiwa Di Kota Batam Dengan Organizational Citizenship Behavior Sebagai Variabel Intervening.” Jurnal Benefita 4(2):296. doi: 10.22216/jbe.v4i2.3670.
Suhartoyo, Suhartoyo. 2019. “Implementasi Fungsi Pelayanan Publik Dalam Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).” Administrative Law and Governance Journal 2(1):143–54. doi: 10.14710/alj.v2i1.143-154.
Syazali, Muhamad, Ulfa Iqoh, Vistania Febiola Mufty, and Yasinta Rahmawati. 2021. “Auditory Intellectually Repetition Learning Model and Trade a Problem Learning Model on Row and Series Algebraic Material: The Influences on Numerical Skills.” IOP Conference Series: Earth and Environmental Science 1796(1). doi: 10.1088/1742-6596/1796/1/012104.
DOI: https://doi.org/10.24967/jmb.v7i1.1252
Article Metrics
Abstract view : 1292 times
PDF : 1534 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Abstract
Pelayanan publik yang diberikan instansi Pemerintah kepada masyarakat merupakan perwujudan fungsi aparatur negara sebagai abdi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh Standar Operasional Prosedur (SOP) dan pengaruh kualitas pelayanan terhadap kinerja pegawai pada kantor imigrasi kelas I TPI Bandar Lampung. Sampel dari penelitian ini menggunakan 39 responden penelitian. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survey berbasis instrumen, teknik analisis yang dilakukan yaitu uji validitas dan uji reliabilitas dengan uji hipotesis parsial, uji korelasi secara simultan. Dari hasil pengolahan data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh standar operasional prosedur (X1) terhadap kinerja pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 83,8%. Terdapat pengaruh kualitas pelayanan (X2) terhadap kinerja pegawai (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 83,6%. Terdapat pengaruh standar operasional prosedur (X1) dan kualitas pelayanan (X2) secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 84,0%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alwi, Idrus. 2015. “Kriteria Empirik Dalam Menentukan Ukuran Sampel Pada Pengujian Hipotesis Statistika Dan Analisis Butir.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 2(2):140–48. doi: 10.30998/formatif.v2i2.95.
Aprianis. 2019. “PENGARUH KOMUNIKASI INTERNAL DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP KINERJA GURU PADA SMPN 1 ABUNG TENGAH KABUPATEN LAMPUNG UTARA.” Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS) 5(2):9–18.
Ardiansyah, Yusuf, and Lisa Harry Sulistiyowati. 2018. “Pengaruh Kompetensi Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Pegawai.” Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen 2(1):91. doi: 10.33603/jibm.v2i1.1064.
Aryani, Dwi, and Febrina Rosinta. 2010. “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan.” Jurnal Ilmu Administrasi Dan Organisasi 17(2):114–26.
Charina, Anne, Rani Andriani Budi Kusumo, Agriani Hermita Sadeli, and Yosini Deliana. 2018. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Petani Dalam Menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) Sistem Pertanian Organik Di Kabupaten Bandung Barat.” Jurnal Penyuluhan 14(1). doi: 10.25015/penyuluhan.v14i1.16752.
Christian, Andy. 2014. “Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan.” Ceramics - Technical 1(40):92–95.
Fatona, Siti. 2010. “Kualitas Jasa Yang Mempengaruhi Loyalitas Dan Relevansinya Terhadap Kepuasan.” Jurnal Dinamika Manajemen 1(1):41–46. doi: 10.15294/jdm.v1i1.2448.
Kiliks, Alfiano Patrik. 2015. “Penerapan Standar Operasional Prosedur Dalam Pelaksanaan Tugas Pemerintah Kecamatan Malalayang Kota Manado1.” Jurnal Politico 4(1).
Lesmana, Rosa. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pt. Radekatama Piranti Nusa.” Jurnal Pemasaran Kompetitif 2(2):115. doi: 10.32493/jpkpk.v2i2.2464.
Maskur, Ruhban, Sumarno, Yasinta Rahmawati, Kenny Pradana, Muhamad Syazali, Ari Septian, and Endah Kinarya Palupi. 2020. “The Effectiveness of Problem Based Learning and Aptitude Treatment Interaction in Improving Mathematical Creative Thinking Skills on Curriculum 2013.” European Journal of Educational Research 9(1):375–83. doi: 10.12973/eu-jer.9.1.375.
M.K.Tuck, D.W.Chan, D.Chia, A.K.Godwin, W.E.Grizzle, K.E.Krueger, W.Rom, M.Sanda, L.Sorbara, S.Stass, and D.E.Brenner. 2010. “Standard Operating Procedures for Serum and Plasma Collection: Early Detection Research Network Consensus Statement.” Journal of Proteome Research 8(1):113–17.
Munir, Jamilah. 2011. “Analisis Pelayanan Publik Terhadap Masyarakat Kasus Pelayanan Kesehatan Di Kabupaten Agam.”
Nugraheni, Ratih, Apriatni Endang Prihatini, and Agung Budiatmo. 2014. “Pengaruh Standar Operasional Prosedur Dan Pengawasan Terhadap Kinerja Pramuniaga Pasaraya Sriratu Pemuda Semarang.” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 3(2):187–95.
Pramudyo, Anung. 2013. “Implementasi Manajemen Kepemimpinan Dalam Pencapaian Tujuan Organisasi.” Jurnal Bisnis Manajemen Dan Akuntansi I(2):49–61.
Rachmi, Annisa, Tony Dwi Susanto, and Anisah Herdiyanti. 2014. “Pembuatan Standard Operating Procedure (SOP) Service Desk Berdasarkan Kerangka Kerja ITIL V3 Dengan Menggunakan Metode Analisis Gap Layanan ( Studi Kasus : PT XZY Tangerang).” Jurnal Teknik Pomits 3(2):175–80.
Rohmatulloh, Wahyu dan, and Budhi Satrio. 2017. “Pengaruh Lingkungan Kerja, Komunikasi Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan.” Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen 6(9):2461–0593.
Sari, Ririn Nur Indah, and Hady Siti Hadijah. 2016. “Peningkatan Kinerja Pegawai Melalui Kepuasan Kerja Dan Disiplin Kerja.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 1(1):204. doi: 10.17509/jpm.v1i1.3389.
Suhardi, Suhardi. 2019. “Pengaruh Motivasi Kerja, Kompetensi, Lingkungan Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Asuransi Jiwa Di Kota Batam Dengan Organizational Citizenship Behavior Sebagai Variabel Intervening.” Jurnal Benefita 4(2):296. doi: 10.22216/jbe.v4i2.3670.
Suhartoyo, Suhartoyo. 2019. “Implementasi Fungsi Pelayanan Publik Dalam Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).” Administrative Law and Governance Journal 2(1):143–54. doi: 10.14710/alj.v2i1.143-154.
Syazali, Muhamad, Ulfa Iqoh, Vistania Febiola Mufty, and Yasinta Rahmawati. 2021. “Auditory Intellectually Repetition Learning Model and Trade a Problem Learning Model on Row and Series Algebraic Material: The Influences on Numerical Skills.” IOP Conference Series: Earth and Environmental Science 1796(1). doi: 10.1088/1742-6596/1796/1/012104.
Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License