KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN AKTA KELAHIRAN PADA KECAMATAN SUMBEREJO
Abstract
Â
KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN AKTA KELAHIRAN PADA KECAMATAN SUMBEREJO
                                                  KABUPATEN TANGGAMUS
Â
Oleh :
Â
ENDANG SRIHANDAYANI
NPM 16632010055
           Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus adalah salah satu unit pelayanan publik yang banyak mendapatkan sorotan dari masyarakat karena kualitas pelayanan dari Bagian Kependudukan sebagai penyedia layanan pembuatan akta kelahiran kurang optimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kurangnya kesadaran aparat akan tanggungjawabnya juga memberikan anggapan kepada masyarakat bahwa akta kelahiran bukan merupakan kebutuhan utama dalam kehidupannya oleh karena itu Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus harus lebih mengutamakan kualitas pelayanannya agar masyarakat bisa merasa puas dalam melakukan pengurusan akta kelahiran.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Akta Kelahiran Pada Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus. Metode penelitian dalam pengumpulan dat menggunakan observasi, quisioner dan dokumentasi sedangkan analisis data yang digunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan tabel-tabel frekuensi yaitu menganalisa data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul.
           Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa kepuasan masyarakat berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa masyarakat belum merasa puas terkait prosedur pelayanan dikarenakan pelayanan kurang sederhana dan bahwa kualitas pelayanan Akta Kelahiran Pada Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus bedasarkan hasil penelitian diketahui pelayanan pada masyarakat kurang optimal dikarenakan sarana dan prasarana kurang tersedia, kurangnya kesadaran bagi aparat akan tanggungjawabnya.
Saran yang diberikan hendaknya dalam hal prosedur pelayanan harus lebih diperjelas dan lebih disederhanakan agar masyarakat bisa lebih mengerti dan memahami dalam pembuatan akte kelahiran sehingga mereka lebih tahu bagaimana prosedur yang sebenarnya, dan hendaknya Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus diharapkan bisa meningkatkan kualitas pelayanannya kepada masyarakat, terutama dalam prosedur pelayanan dan kecepatan serta ketepatan dalam melayani masyarakat, dan menambah sarana dan prasarana yang sudah ada sehingga masyarakat tidak merasa dirugikan dan dapat merasakan kepuasan dari pelayanan yang diberikan.
Â
Â
Kata kunci : Kepuasan, Kualitas, Pelayanan
Â
Article Metrics
Abstract view : 791 times
Untitled : 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Abstract
Â
KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN AKTA KELAHIRAN PADA KECAMATAN SUMBEREJO
                                                  KABUPATEN TANGGAMUS
Â
Oleh :
Â
ENDANG SRIHANDAYANI
NPM 16632010055
           Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus adalah salah satu unit pelayanan publik yang banyak mendapatkan sorotan dari masyarakat karena kualitas pelayanan dari Bagian Kependudukan sebagai penyedia layanan pembuatan akta kelahiran kurang optimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kurangnya kesadaran aparat akan tanggungjawabnya juga memberikan anggapan kepada masyarakat bahwa akta kelahiran bukan merupakan kebutuhan utama dalam kehidupannya oleh karena itu Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus harus lebih mengutamakan kualitas pelayanannya agar masyarakat bisa merasa puas dalam melakukan pengurusan akta kelahiran.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Akta Kelahiran Pada Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus. Metode penelitian dalam pengumpulan dat menggunakan observasi, quisioner dan dokumentasi sedangkan analisis data yang digunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan tabel-tabel frekuensi yaitu menganalisa data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul.
           Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa kepuasan masyarakat berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa masyarakat belum merasa puas terkait prosedur pelayanan dikarenakan pelayanan kurang sederhana dan bahwa kualitas pelayanan Akta Kelahiran Pada Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus bedasarkan hasil penelitian diketahui pelayanan pada masyarakat kurang optimal dikarenakan sarana dan prasarana kurang tersedia, kurangnya kesadaran bagi aparat akan tanggungjawabnya.
Saran yang diberikan hendaknya dalam hal prosedur pelayanan harus lebih diperjelas dan lebih disederhanakan agar masyarakat bisa lebih mengerti dan memahami dalam pembuatan akte kelahiran sehingga mereka lebih tahu bagaimana prosedur yang sebenarnya, dan hendaknya Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus diharapkan bisa meningkatkan kualitas pelayanannya kepada masyarakat, terutama dalam prosedur pelayanan dan kecepatan serta ketepatan dalam melayani masyarakat, dan menambah sarana dan prasarana yang sudah ada sehingga masyarakat tidak merasa dirugikan dan dapat merasakan kepuasan dari pelayanan yang diberikan.
Â
Â
Kata kunci : Kepuasan, Kualitas, Pelayanan
Â