Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Organizatonal Citizenship Behavior (OCB) (Studi Kasus : Guru Taman Kanak-Kanak Se-kecamatan Bandar Negeri Suoh, Lampung Barat)
Abstract
Guru merupakan satu komponen yang sangat berperan dalam proses pembelajaran, dan secara langsung berperan dalam peningkatan kualitas belajar siswa dan memiliki peran yang sangat penting dalam mencapai tujuan pendidikan. Dikatakan demikian karena penyelenggaraan dan keberhasilan proses pendidikan pada semua jenjang banyak ditentukan oleh faktor pendidik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi keperibadian guru dan motivasi kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB). Penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 63 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu: 2 (dua) variabel bebas (X1 dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana kompetensi kepribadian guru (X1) dan motivasi kerja (X2) sebagai variabel bebas dan organizational citizenship behavior (OCB) guru (Y) sebagai variabel terikat. Dari hasil pengolahan data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni terdapat pengaruh kompetensi kepribadian guru (X1) terhadap organizational citizenship behavior (OCB) guru (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 34,1persen. Terdapat pengaruh motivasi kerja (X2) terhadap organizational citizenship behavior (OCB) guru (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 68,4persen. Terdapat pengaruh kompetensi kepribadian guru (X1) dan motivasi kerja (X2) secara bersama – sama terhadap organizational citizenship behavior (OCB) guru (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 69 persen. Berdasarkan olah data analisis melalui uji hipotesis baik secara parsial maupun simultan dinyatakan bahwa setiap variabel bebas memiliki pengaruh terhadap variabel terikat serta terdapat hal yang perlu ditingkatkan guna meningkatkan organizational citizenship behavior (OCB) guru demi tercapainya tujuan organisasi.
Keywords
Kompetensi Kepribadian Guru; Motivasi Kerja; Organizational Citizenship Behavior (OCB) Guru
References
Ajwan, L. R. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi, Dan Motivasi Kerja Terhadap Komitmen Guru Di Kerja Guru Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan.
Annisa Safitri, N., & Muhibbin, A. (2022). Pengelolaan Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada Guru di Sekolah Dasar Muhammadiyah Program Khusus Pracimantoro Wonogiri.
Charmiati, P. G. H. A., & Surya, I. B. K. (2019). Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) dengan Komitmen Organisasional Sebagai Variabel Mediasi.
Encu, A., & Sudarma, M. (2022). Menjadi Kepala Madrasah Profesional.
Hakim, L. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 53–64.
Hamidah, A. D. (2022). Aktivitas Smatren Ramadhan dalam Menumbuhkan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 1360–1366.
Prihatsanti, U., & Dewi, K. S. (2017). Hubungan antara iklim organisasi dan organizational citizenship behavior (OCB) pada guru SD Negeri di Kecamatan Mojolaban Sukoharjo. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro.
Rinto Alexandro, M. M., Misnawati, M. P., & Wahidin, M. P. (2021). Profesi Keguruan (Menjadi Guru Profesional).
Sitanggang, N. L. (2013). Hubungan Disiplin Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Simpang Kiri Subulussalam Tahun Ajaran 2012/2013.
Wardani, M. S., Nugroho, N. R. I., & Ulinuha, M. T. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris.
DOI: https://doi.org/10.24967/feb.v3i1.2172
Article Metrics
Abstract view : 1141 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 504 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract
Guru merupakan satu komponen yang sangat berperan dalam proses pembelajaran, dan secara langsung berperan dalam peningkatan kualitas belajar siswa dan memiliki peran yang sangat penting dalam mencapai tujuan pendidikan. Dikatakan demikian karena penyelenggaraan dan keberhasilan proses pendidikan pada semua jenjang banyak ditentukan oleh faktor pendidik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi keperibadian guru dan motivasi kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB). Penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 63 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu: 2 (dua) variabel bebas (X1 dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana kompetensi kepribadian guru (X1) dan motivasi kerja (X2) sebagai variabel bebas dan organizational citizenship behavior (OCB) guru (Y) sebagai variabel terikat. Dari hasil pengolahan data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni terdapat pengaruh kompetensi kepribadian guru (X1) terhadap organizational citizenship behavior (OCB) guru (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 34,1persen. Terdapat pengaruh motivasi kerja (X2) terhadap organizational citizenship behavior (OCB) guru (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 68,4persen. Terdapat pengaruh kompetensi kepribadian guru (X1) dan motivasi kerja (X2) secara bersama – sama terhadap organizational citizenship behavior (OCB) guru (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 69 persen. Berdasarkan olah data analisis melalui uji hipotesis baik secara parsial maupun simultan dinyatakan bahwa setiap variabel bebas memiliki pengaruh terhadap variabel terikat serta terdapat hal yang perlu ditingkatkan guna meningkatkan organizational citizenship behavior (OCB) guru demi tercapainya tujuan organisasi.
Keywords
References
Ajwan, L. R. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi, Dan Motivasi Kerja Terhadap Komitmen Guru Di Kerja Guru Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan.
Annisa Safitri, N., & Muhibbin, A. (2022). Pengelolaan Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada Guru di Sekolah Dasar Muhammadiyah Program Khusus Pracimantoro Wonogiri.
Charmiati, P. G. H. A., & Surya, I. B. K. (2019). Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) dengan Komitmen Organisasional Sebagai Variabel Mediasi.
Encu, A., & Sudarma, M. (2022). Menjadi Kepala Madrasah Profesional.
Hakim, L. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 53–64.
Hamidah, A. D. (2022). Aktivitas Smatren Ramadhan dalam Menumbuhkan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 1360–1366.
Prihatsanti, U., & Dewi, K. S. (2017). Hubungan antara iklim organisasi dan organizational citizenship behavior (OCB) pada guru SD Negeri di Kecamatan Mojolaban Sukoharjo. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro.
Rinto Alexandro, M. M., Misnawati, M. P., & Wahidin, M. P. (2021). Profesi Keguruan (Menjadi Guru Profesional).
Sitanggang, N. L. (2013). Hubungan Disiplin Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Simpang Kiri Subulussalam Tahun Ajaran 2012/2013.
Wardani, M. S., Nugroho, N. R. I., & Ulinuha, M. T. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris.