Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru (Studi Kasus : SMP Negeri 1 Bulok Kabupaten Tanggamus)
Abstract
Guru merupakan satu komponen yang sangat berperan dalam proses pembelajaran, dan secara langsung berperan dalam peningkatan kualitas belajar siswa dan memiliki peran yang sangat penting dalam mencapai tujuan pendidikan. Dikatakan demikian karena penyelenggaraan dan keberhasilan proses pendidikan pada semua jenjang banyak ditentukan oleh faktor pendidik. Dalam menjalankan fungsi dan tugasnya guru dituntut mempunyai kedisiplinan yang baik sehingga kualitas pendidikan yang diberikan kepada anak didik mendapat hasil yang optimal. Penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 34 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu: 2 (dua) variabel bebas (X1 dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana kompetensi kepribadian guru (X1) dan motivasi kerja (X2) sebagai variabel bebas dan kinerja guru (Y) sebagai variabel terikat. Dari hasil pengolahan data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh kompetensi kepribadian guru (X1) terhadap kinerja guru (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 28,8 persen. Terdapat pengaruh motivasi kerja (X2) terhadap kinerja guru (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 27,8 persen. Terdapat pengaruh kompetensi kepribadian guru (X1) dan motivasi kerja (X2) secara bersama – sama terhadap kinerja guru (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 32,1 persen. Berdasarkan olah data analisis melalui uji hipotesis baik secara parsial maupun simultan dinyatakan bahwa setiap variabel bebas memiliki pengaruh terhadap variabel terikat serta terdapat hal yang perlu ditingkatkan guna meningkatkan kinerja guru demi tercapainya tujuan organisasi.
Keywords
Kompetensi Kepribadian Guru; Motivasi Kerja; Kinerja Guru
References
Ardiana, I. D. K. R., Brahmayanti, I. A., & Amanah, I. M., Hermawan, A. H., & Hidayat, W. (2021). Manajemen Tenaga Pendidik dalam Meningkatkan‎ Kompetensi Profesional. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 55–62.
Hidayat, Y. (2020). Peningkatan Kinerja dan Motivasi Mengajar terhadap Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Pendidikan, Pembelajaran Dan Pemberdayaan Masyarakat.
Jamin, H. (2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 19–36.
Larasati, V., & Gafur, A. (2018). Hubungan kompetensi pedagogis dan kompetensi profesional guru PPKn dengan prestasi belajar siswa sekolah menengah. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 45–51.
Lase, F. (2016). Kompetensi Kepribadian Guru Profesional. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila.
Mu’minin, N. A., Muchtar, A., & Zakiyaturrobi’ah, L. (2015). Kompetensi Pendidik Dalam Pendidikan Agama Islsam. Jurnal Pendidikan Islam.
Munawwaroh, A. (2019). Keteladanan sebagai metode pendidikan karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam.
Sugiyarta, S., Prabowo, A., Ahmad, T. A., Siroj, M. B., & Purwinarko, A. (2020). Identifikasi Kemampuan Guru Sebagai Guru Penggerak Di Karesidenan Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 215–221.
Sumual, F. J., & Palempung, F. F. (2021). Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Kristen Dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Lentera Nusantara, 48–60.
Wiratmadi, I. (2016). Kompetensi Kepribadian Guru Penjas Sma Negeri Se-Kabupaten Bantul. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi.
DOI: https://doi.org/10.24967/feb.v3i1.2221
Article Metrics
Abstract view : 1122 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 502 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract
Keywords
References
Ardiana, I. D. K. R., Brahmayanti, I. A., & Amanah, I. M., Hermawan, A. H., & Hidayat, W. (2021). Manajemen Tenaga Pendidik dalam Meningkatkan‎ Kompetensi Profesional. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 55–62.
Hidayat, Y. (2020). Peningkatan Kinerja dan Motivasi Mengajar terhadap Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Pendidikan, Pembelajaran Dan Pemberdayaan Masyarakat.
Jamin, H. (2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 19–36.
Larasati, V., & Gafur, A. (2018). Hubungan kompetensi pedagogis dan kompetensi profesional guru PPKn dengan prestasi belajar siswa sekolah menengah. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 45–51.
Lase, F. (2016). Kompetensi Kepribadian Guru Profesional. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila.
Mu’minin, N. A., Muchtar, A., & Zakiyaturrobi’ah, L. (2015). Kompetensi Pendidik Dalam Pendidikan Agama Islsam. Jurnal Pendidikan Islam.
Munawwaroh, A. (2019). Keteladanan sebagai metode pendidikan karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam.
Sugiyarta, S., Prabowo, A., Ahmad, T. A., Siroj, M. B., & Purwinarko, A. (2020). Identifikasi Kemampuan Guru Sebagai Guru Penggerak Di Karesidenan Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 215–221.
Sumual, F. J., & Palempung, F. F. (2021). Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Kristen Dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Lentera Nusantara, 48–60.
Wiratmadi, I. (2016). Kompetensi Kepribadian Guru Penjas Sma Negeri Se-Kabupaten Bantul. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi.