Pengaruh Potensi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kualitas Layanan Pada Kantor Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung

Ayunoni Ayunoni, Undang Rosidin, Ifaturohiah Ifaturohiah

Abstract


Agar tujuan organisasi tercapai secara optimal, diperlukan sumber daya yang berkualitas dan memiliki potensi kerja yang tinggi. Faktor lain yang dapat mempengaruhi kualitas layanan suatu organisasi adalah disiplin kerja. Demi tercapainya tujuan organisasi, pegawai dituntut untuk memeiliki kesadaran dan menjunjung tinggi kedisiplinan dalam bekerja sehingga hasil pekerjaan menjadi lebih baik dan lebih tepat waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh potensi kerja dan disiplin kerja terhadap kualitas layanan pada Kantor Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif yaitu metode penelitian yang menggunakan data berupa angka dalam menganalisis fakta-fakta yang ditemukan yang bertujuan untuk menentukan hubungan antar variabel dalam sebuah populasi. Analisis yang digunakan adalah regresi sederhana dan berganda. Penelitian ini menggunakan 81 responden penelitian. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh potensi kerja (X1) terhadap kualitas layanan (Y), dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 46,2 persen. Terdapat pengaruh disiplin kerja (X2) terhadap kualitas layanan (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 38,5 persen. Terdapat pengaruh potensi kerja (X1) dan disiplin kerja (X2) secara bersama-sama terhadap kualitas layanan (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 63,6 persen.


Keywords


Potensi Kerja; Disiplin Kerja; Kualitas Layanan

References


Ahiruddin, 2022. Determinan Kualitas Sumber Daya Manusia dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai (Studi Kasus : Pt Bank Mandiri Tbk KC Bandar Lampung, Malahayati).

Aris Baharuddin, 2013. Pengaruh Pelatihan, Kompensasi dan Disiplin Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan (Studi Pada Kantor Pt. Pln (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Malang). https://profit.ub.ac.id/index.php/ article

Calista, Avissa. Rakhmalina, Ika. Tugas Pokok Sebagai Fungsi Organisasi Terhadap Peningkatan Kualitas Layanan Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Musi Banyuasin. Integritas Jurnal Manajemen Profesional (IJMPro) Volume 1 Nomor 2 Edisi Juli 2020

Deswita, Pamelia. Indrawati, Mei. Utari, Woro. 2018. Pengaruh Potensi Kerja, Semangat Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kualitas Layanan Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Indragiri Hulu. MAP (Jurnal Manajemen dan Administrasi Publik). Volume 1,Nomor 1,Januari–Maret 2018

Helly Pertiwi, 2019. Analisis Pengaruh Pengembangan Karier terhadap Kinerja pada Kantor Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Lampung Barat.

HH Setiawan, 2018. Pengaruh Pengembangan SDM dan Kualitas SDM Terhadap Kualitas Layanan di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Barat. repository.unpas.ac.id/37954/.

Hasibuan, Malayu S.P. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara

Maryani, Y., Entang, M., & Tukiran, M. 2021. The Relationship Between Work Motivation, Work Discipline And Employee Performance At The Regional Secretariat Of Bogor City. International Journal Of Social And Management Studies, 22, 1–16.

Muchtar, Wulandari. Kualitas Layanan ASN Dalam Menjalankan Lingkungan Kerja (Tupoksi) BAPPEDA Kota Pekanbaru. JOM FISIP Vol. 8: Edisi I Januari-Juni 202

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Pasal 7 Nomor 94 Tahun 2021. Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil

Robbins, Stephen P., Timothy A. Judge, 2016. Perilaku Organisasi Edisi 16.Jakarta : Salemba Empat.

Sari, N., Fauzi, A., Pebiyanti, E., Dayanti, H., Khotimmah, N., Tasia, S. I., ... & Sutendi, Z. 2023. Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Kerjas Terhadap Kinerja Karyawan Literature Review Manajemen Kinerja. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 43, 363-369

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Simamora, Henry. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIE.Wardhani. 2019. Perencanaan & Pengembangan SDM. Bandung. Alfabeta.

Uno, B Hamzah dan Nina Lamatenggo. 2014. Teori Kinerja dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.24967/feb.v3i1.2223

Article Metrics

Abstract view : 1088 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 420 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.