Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Disiplin Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Fisika SMA Negeri Kota Bandar Lampung

Tri Septiani, Undang Rosidin, Ruhban Masykur

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan disiplin kerja guru terhadap kinerja guru fisika SMA Negeri Kota Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menunjukkan hubungan yang bersifat sebab akibat. Populasi penelitian ini sebanyak 54 guru Fisika Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode angket. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bantuan alat statistik program SPSS 26 for Windows meliputi perhitungan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi,  uji koefisien determinasi, uji t, dan uji F.Hasil pengujian hipotesis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru fisika secara parsial menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif terhadap kinerja guru fisika dengan kontribusi sebesar 50,74 persen. Pengaruh disiplin kerja guru terhadap kinerja guru fisika secara parsial menunjukkan bahwa disiplin kerja guru berpengaruh positif terhadap kinerja guru fisika. Pengujian hipotesis secara simultan menunjukkan bahwa variabel bebas kepemimpinan kepala sekolah dan disiplin kerja guru berpengaruh secara positif terhadap variabel terikat yaitu kinerja guru fisika dengan kontibusi sebesar 79,2 persen, artinya sebesar 20,8 persen. Kinerja guru fisika SMA Negeri di Kota Bandar Lampung dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dipertimbangkan dalam penelitian ini, seperti ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan, lingkungan sekolah, atau faktor eksternal lainnya.


Keywords


Kepemimpinan Kepala Sekolah; Disiplin Kerja; Kinerja Guru Fisika

References


Afroni, A. (2009). Kompetensi Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Pembelajaran Dalam Upaya. FORUM TARBIYAH Vol. 7, No. 1, Juni 2009, 7(1), 81–97.

Agustina, Fitria, H., & Fitriani, Y. (2021). Pengaruh Tunjangan Sertifikasi dan Motivasi Kerja Terhadap Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7210–7221.

Agustina, W., & Bismala, L. (2014). Dampak Pengawasan Dan Kepuasan Kerja Dalam Mempengaruhi Disiplin Kerja Karyawan PT. Perkebunan Nusantara IV (persero) Medan. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 14(1), 125–136.

Akhmad Said. (2018). 2(1).

Baharudin, H. (2017). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Sistem kepemimpinan Kepala Madrasah. Jurnal Ilmu Tarbiyah At-Tajdid, 6(1), 1–26.

Cahya, A. D., Damare, O., & Harjo, C. (2021). Pengaruh Kompensasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan Warung Padang Upik. Economics and Digital Business Review, 2(2), 214–221.

Depdiknas. (2008). Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas., 2005–2008.

Evelyn, J., Arwin, A., Yuliana, Y., Siahaan, R. F. B., & Lisa, L. (2021). Dampak Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Studi Kasus pada CV Omama Opapa Food Industry Medan. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Informasi (SENSASI), 3(1), 285–289.

Fabiana Meijon Fadul. (2019). Analisis Pengaruh Kedisiplinan Kerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Sma Negeri 1 Bumiayu Kabupaten Brebes. Jurnal Kependidikan, III(2), 33–51.

Fartlek, P. L., & Irianto, N. (n.d.). Pengaruh Latihan Fartlek (Novian Irianto) 1. 1–7.

Hadiati, E. (2018). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Mts Se- Kota Bandar Lampung. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 8(1), 50. https://doi.org/10.24042/alidarah.v8i1.3078

Hardiansyah, M. (2011). Kepemimpinan Kepala Desa (Datuk Penghulu) Terhadap Efektivitas Pelayanan Perangkat Desa Pada Masyarakat Kampung Kesehatan Kabupaten Acehtamiang Tahun 2017.

Isvandiari, A., & Idris, B. Al. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Central Capital Futures Cabang Malang. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 12(1), 17–22.

Juniarti, E., Ahyani, N., & Ardiansyah, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 193–199.

Mahfud, M. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Se-Kota Bima. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 1–17. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.359

Rahmat, Y. (2018). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Motivasi Kerja,Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Smpn I Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten 50 Kota. Jurnal Daya Saing, 4(1), 88–93. https://doi.org/10.35446/dayasaing.v4i1.137

Retnawati, H. (2015). Teknik Pengambilan Sampel. Ekp, 13(3), 1576–1580.

Ridho, M. A. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Sekolah Efektif di Sekolah Dasar. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 3(2), 114.

Riinawati. (2021). Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2305–2312.

Sanjani, M. A. (2019). Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 7(1), 75–83.

Supardi, E. (2016). Pengembangan Karir Kontribusinya Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Geografi Gea, 9(1).

Susanty, A., & Wahyu Baskoro, S. (2012). Pengaruh Motivasi Kerja dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Disiplin Kerja Serta Dampaknya Pada Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada PT. PLN (Persero) APD Semarang). Jati UNDIP, 7(2), 77–84.

Yunina, F. (2019). Analisis Efektivitas Dan Efisiensi Pelaksanaan Anggaran Belanja Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Aceh Tengah. Jurnal Akuntansi Muhammadiyah, 9(1), 74–81.




DOI: https://doi.org/10.24967/feb.v3i1.2227

Article Metrics

Abstract view : 1274 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 506 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.