Pengaruh Disiplin Kerja dan Kompetensi Profesional terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Umpu Semenguk Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung
Abstract
Salah satu komponen yang sangat berperan dalam proses pembelajaran, dan secara langsung berperan dalam peningkatan kualitas belajar siswa dan memiliki peran yang sangat penting dalam mencapai tujuan pendidikan adalah Guru. Dikatakan demikian karena penyelenggaraan dan keberhasilan proses pendidikan pada semua jenjang banyak ditentukan oleh faktor pendidik. Dalam menjalankan fungsi dan tugasnya guru dituntut mempunyai kedisiplinan yang baik sehingga kualitas pendidikan yang diberikan kepada anak didik mendapat hasil yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh disiplin kerja dan kompetensi profesional terhadap kinerja guru sekolah dasar Negeri Kecamatan Umpu Semenguk Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung. Penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 38 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu 2 (dua) variabel bebas (X1 dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana disiplin kerja (X1) dan kompetensi profesional (X2) sebagai variabel bebas dan kinerja guru (Y) sebagai variabel terikat.Dari hasil pengolahan data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh disiplin kerja (X1) terhadap kinerja guru (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 36,3 persen. Terdapat pengaruh kompetensi profesional (X2) terhadap kinerja guru (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 37,6 persen. Terdapat pengaruh disiplin kerja (X1) dan kompetensi profesional (X2) secara bersama – sama terhadap kinerja guru (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 37,6 persen. Berdasarkan olah data analisis melalui uji hipotesis baik secara parsial maupun simultan dinyatakan bahwa setiap variabel bebas memiliki pengaruh terhadap variabel terikat serta terdapat hal yang perlu ditingkatkan guna meningkatkan kinerja guru demi tercapainya tujuan organisasi.
Keywords
Disiplin Kerja; Kompetensi Profesional; Kinerja Guru
References
Amelia, K. S. (2015). Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt . Pelabuhan. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makasar, 15(01), 71–79.
Bariyah, K. (2014). Implementasi Disiplin Kerja Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. LIKHITAPRAJNA. Jurnal Ilmiah.Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(2), 27–36.
Erwinsyah, A. (2017). Manajemen Pembelajaran Dalam Kaitannya Dengan Peningkatan Kualitas Guru. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 69–84.
Gunawan, I. G. D., Pranata, Pramarta, I. M., Mertayasa, I. K., Pustikayasa, I. M., & Widyanto, I. P. (2020). Peningkatan Mutu Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Menyongsong Era Society 5.0. Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya 2020, 15–30.
Hambali, M. (2016). Manajemen Pengembangan Kompetensi Guru Pai. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 1(1).
Hamdan, D. U. dan A. (2022). PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KINERJA GURU DAN SUPERVISI PENGAWAS TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN BANGKA SELATAN. 8(1), 79–83.
Hidayatri, N. A., & Pramusinto, H. (2017). Pengaruh Disiplin Belajar, Fasilitas Belajar Dan Penggunaan Media Pembelajaran Typing Master Terhadap Kecepatan Mengetik 10 Jari Buta Pada Siswa Kelas X Smk Pgri 1 Mejobo Kudus Program Keahlian Administrasi Perkantoran. Economic Education Analysis Journal, 6(1), 150–160.
Huda, M. (2018). Kompetensi Kepribadian Guru Dan Motivasi Belajar Siswa (Studi Korelasi Pada Mata Pelajaran Pai). Jurnal Penelitian, 11(2), 237–266.
Irwanto, T., Ekonomi, F., Dehasen, U., Hewan, K., & Bengkulu, P. (2015). Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu berjumlah 100 pegawai menggunakan simpel random sampling . Metode Analisis yang digunakan dengan Analisis Regresi Berganda , Analisis Korelasi , Uji T , Uji F serta Uji Koefisien Determinasi ( R 2 ). Hasil. EKombis Review:Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, Vol 3(2), 215–228.
Ismail, M. I. (2010). Kinerja Dan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 13(1), 44–63.
Nanincova, N. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Noach Cafe and Bistro. Agora, 7(2), 1–5.
Nurhamida, I. (2018). Problematika Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Karakteristik Peserta Didik. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 3(1), 27–38.
Pohan, M., Arif, M., & Siswadi, Y. (2021). Peranan Kinerja Pegawai: Disiplin dan Kompetensi. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Dan Humaniora, 1, 289–304.
Purwanto, B. (n.d.). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap Disiplin Kerja Guru pada SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1–11.
Ramli, M. (2015). Hakikat pendidikan dan peserta didik. Tarbiyah Islamiyah, 5(1), 61–85.
Ratnawati. (2018). Pengaruh Manajemen Pembelajaran terhadap Kinerja Guru dalam Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa. Khazanah Akademia, 02(1), 63–73.
Vipraprastha, T., Putra, B. N. K., Jodi, I. W. G. A. Ss., & Prayoga, I. M. S. (2021). Disiplin Kerja dan Motivasi terhadap Kinerja Dosen dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Prosiding Webinar Nasional Peranan Perempuan/Ibu Dalam Pemberdayaan Remaja Di Masa Pandemi Covid-19 Universitas Mahasaraswati Denpasar, 150–154.
DOI: https://doi.org/10.24967/feb.v3i1.2255
Article Metrics
Abstract view : 1307 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 579 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract
Salah satu komponen yang sangat berperan dalam proses pembelajaran, dan secara langsung berperan dalam peningkatan kualitas belajar siswa dan memiliki peran yang sangat penting dalam mencapai tujuan pendidikan adalah Guru. Dikatakan demikian karena penyelenggaraan dan keberhasilan proses pendidikan pada semua jenjang banyak ditentukan oleh faktor pendidik. Dalam menjalankan fungsi dan tugasnya guru dituntut mempunyai kedisiplinan yang baik sehingga kualitas pendidikan yang diberikan kepada anak didik mendapat hasil yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh disiplin kerja dan kompetensi profesional terhadap kinerja guru sekolah dasar Negeri Kecamatan Umpu Semenguk Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung. Penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 38 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu 2 (dua) variabel bebas (X1 dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana disiplin kerja (X1) dan kompetensi profesional (X2) sebagai variabel bebas dan kinerja guru (Y) sebagai variabel terikat.Dari hasil pengolahan data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh disiplin kerja (X1) terhadap kinerja guru (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 36,3 persen. Terdapat pengaruh kompetensi profesional (X2) terhadap kinerja guru (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 37,6 persen. Terdapat pengaruh disiplin kerja (X1) dan kompetensi profesional (X2) secara bersama – sama terhadap kinerja guru (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 37,6 persen. Berdasarkan olah data analisis melalui uji hipotesis baik secara parsial maupun simultan dinyatakan bahwa setiap variabel bebas memiliki pengaruh terhadap variabel terikat serta terdapat hal yang perlu ditingkatkan guna meningkatkan kinerja guru demi tercapainya tujuan organisasi.
Keywords
References
Amelia, K. S. (2015). Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt . Pelabuhan. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makasar, 15(01), 71–79.
Bariyah, K. (2014). Implementasi Disiplin Kerja Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. LIKHITAPRAJNA. Jurnal Ilmiah.Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(2), 27–36.
Erwinsyah, A. (2017). Manajemen Pembelajaran Dalam Kaitannya Dengan Peningkatan Kualitas Guru. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 69–84.
Gunawan, I. G. D., Pranata, Pramarta, I. M., Mertayasa, I. K., Pustikayasa, I. M., & Widyanto, I. P. (2020). Peningkatan Mutu Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Menyongsong Era Society 5.0. Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya 2020, 15–30.
Hambali, M. (2016). Manajemen Pengembangan Kompetensi Guru Pai. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 1(1).
Hamdan, D. U. dan A. (2022). PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KINERJA GURU DAN SUPERVISI PENGAWAS TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN BANGKA SELATAN. 8(1), 79–83.
Hidayatri, N. A., & Pramusinto, H. (2017). Pengaruh Disiplin Belajar, Fasilitas Belajar Dan Penggunaan Media Pembelajaran Typing Master Terhadap Kecepatan Mengetik 10 Jari Buta Pada Siswa Kelas X Smk Pgri 1 Mejobo Kudus Program Keahlian Administrasi Perkantoran. Economic Education Analysis Journal, 6(1), 150–160.
Huda, M. (2018). Kompetensi Kepribadian Guru Dan Motivasi Belajar Siswa (Studi Korelasi Pada Mata Pelajaran Pai). Jurnal Penelitian, 11(2), 237–266.
Irwanto, T., Ekonomi, F., Dehasen, U., Hewan, K., & Bengkulu, P. (2015). Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu berjumlah 100 pegawai menggunakan simpel random sampling . Metode Analisis yang digunakan dengan Analisis Regresi Berganda , Analisis Korelasi , Uji T , Uji F serta Uji Koefisien Determinasi ( R 2 ). Hasil. EKombis Review:Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, Vol 3(2), 215–228.
Ismail, M. I. (2010). Kinerja Dan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 13(1), 44–63.
Nanincova, N. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Noach Cafe and Bistro. Agora, 7(2), 1–5.
Nurhamida, I. (2018). Problematika Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Karakteristik Peserta Didik. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 3(1), 27–38.
Pohan, M., Arif, M., & Siswadi, Y. (2021). Peranan Kinerja Pegawai: Disiplin dan Kompetensi. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Dan Humaniora, 1, 289–304.
Purwanto, B. (n.d.). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap Disiplin Kerja Guru pada SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1–11.
Ramli, M. (2015). Hakikat pendidikan dan peserta didik. Tarbiyah Islamiyah, 5(1), 61–85.
Ratnawati. (2018). Pengaruh Manajemen Pembelajaran terhadap Kinerja Guru dalam Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa. Khazanah Akademia, 02(1), 63–73.
Vipraprastha, T., Putra, B. N. K., Jodi, I. W. G. A. Ss., & Prayoga, I. M. S. (2021). Disiplin Kerja dan Motivasi terhadap Kinerja Dosen dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Prosiding Webinar Nasional Peranan Perempuan/Ibu Dalam Pemberdayaan Remaja Di Masa Pandemi Covid-19 Universitas Mahasaraswati Denpasar, 150–154.