PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN DISIPLIN GURU TERHADAP KINERJA GURU PADA SMK MMT PENAWAR AJI KABUPATEN TULANG BAWANG

Iwan Sulastomo

Abstract


ABSTRAK

 

PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN DISIPLIN GURU

TERHADAP KINERJA GURU PADA SMK MMT PENAWAR AJI KABUPATEN TULANG BAWANG

 

Oleh

IWAN SULASTOMO

 

Untuk  menciptakan guru yang profesional dan memiliki kinerja tinggi pada setiap

lembaga pendidikan baik negeri ataupun swasta, Pemerintah telah memberlakukan UU   Nomor   14   Tahun   2005   tentang   Guru   dan   Dosen   untuk   mendorong meningkatkan kualitas tenaga pendidik (guru) menjadi tenaga profesional, melalui proses yang dinamakan sertifikasi Guru dan Dosen. Pada pasal 8 UUD tersebut

ditegaskan,â€Guru  wajib  memiliki kualifikasi  akademik,  kompetensi  akademik,

dan  rohani,  serta  memiliki  kemampuan  dan sertifikat  pendidik,  sehat  jasmani

keprofesionalan  seorang  guru  dapat  dilihat  dari  kompetensinya.  â€Kompetensi

Pedagogik   adalah   kompetensi   atau   kemampuan   yang   berhubungan   dengan penyelesaian tugas-tugas keguruanâ€.

Metode penelitian yang dilaksanakan jenis penelitian deskriptif. Jenis penelitian ini

adalah penelitian yang bermaksud membuat pemaparan secara sistimatis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat populasi tertentu. Penelitian ini menggunakan 33 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu

2 (dua) Variabel bebas (X1 dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana kompetensi pedagogik (X1) dan disiplin guru (X2) sebagai variabel bebas dan kinerja guru (Y) sebagai variabel terikat.

Dari  hasil  pengolahan  data  telah  berhasil  ditemukan  jawaban  hipotesis  yakni

sebagai berikut; terdapat pengaruh kompetensi pedagogik (X1) terhadap kinerja guru (Y), dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 50,6% yang berarti kompetensi pedagogik memberikan pengaruh sebesar 50,6% terhadap kinerja guru. Terdapat  pengaruh  antara  disiplin  guru  (X2)  dengan  kinerja  guru  (Y),  dengan tingkat pengaruh sebesar 41,3% yang berarti bahwa disiplin guru memberikan pengaruh   sebesar   41,3%   terhadap   kinerja   guru.   Terdapat   pengaruh   antara kompetensi pedagogik (X1) dan disiplin guru (X2) secara bersama-sama terhadap kinerja guru (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 54,6% yang berarti bahwa kompetensi pedagogik dan disiplin guru memberikan pengaruh sebesar 54,6% terhadap kinerja guru.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

THE EFFECT OF TEACHER'S PEDAGOGIC AND DISCIPLINE

COMPETENCY ON TEACHER PERFORMANCE AT SMK MMT PENAWAR AJI TULANG BAWANG DISTRICT

 

By

IWAN SULASTOMO

 

 

 

In order to create professional teachers who have high performance in

every educational institution, both public and private, the Government has enacted Law Number 14 of 2005 concerning Teachers and Lecturers to encourage improving the quality of education personnel (teachers) to become professional staff, through a process called Teacher certification and Lecturer. In Article 8 of the Constitution, it is emphasized, "Teachers are required to have academic qualifications, academic competence, teacher certificates, be physically and mentally healthy, and have the ability and commitment to realize the goals of national education". The professional level of a teacher can be seen from his competence. "Pedagogic Competence is the competence or ability related to the completion of teacher tasks". Principal supervision is a motivator for self-adherence to the work discipline of teachers.

The research carried out was descriptive research. This type of research is research that intends to provide a systematic, factual, and accurate description of the facts and characteristics of a particular population. This study used 33 research respondents. There are three variables in this study, namely: 2 (two) independent variables (X1 and X2) and 1 (one) dependent variable where pedagogic competence (X1) and teacher discipline (X2) are independent variables and teacher performance (Y) are dependent variables.

From the results of data processing, it has been found that the answer to the hypothesis is as follows; There is an effect of pedagogic competence (X1) on teacher performance (Y), with a level of influence (R-square) of 50.6%, which means that pedagogical competence has an effect of 50.6% on teacher performance. There is an influence between teacher discipline (X2) and teacher performance (Y), with a level of influence of 41.3%, which means that teacher discipline has an effect of

41.3% on teacher performance. There is an influence between pedagogical competence (X1), teacher discipline (X2) and teacher performance (Y), with a level of  influence  of  54.6%  which  means  that  pedagogic  competence  and  teacher discipline have an effect of 54.6% on teacher performance.

 

 

 

Keywords: Pedagogic Competence, Teacher Discipline, Teacher Performance

 

 

 



  

Full Text:

 Subscribers Only

Article Metrics

Abstract view : 810 times
Untitled : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.