PENGARUH STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR IMIGRASI KELAS I TEMPAT PEMERIKSAAN IMIGRASI (TPI) BANDAR LAMPUNG
Abstract
Â
Â
Â
Â
ABSTRAK
Â
Â
PENGARUH STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KINERJA
PEGAWAI PADA KANTOR IMIGRASI KELAS I
TEMPAT PEMERIKSAAN IMIGRASI (TPI)
 BANDAR LAMPUNG
Â
Oleh
Indah Novita Sari
Â
Â
Pelayanan publik yang diberikan instansi Pemerintah kepada masyarakat merupakan perwujudan fungsi aparatur negara sebagai abdi masyarakat. Oleh sebab itu, secara otomatis berbagai fasilitas pelayanan publik harus lebih didekatkan pada masyarakat, sehingga mudah dijangkau oleh masyarakat.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh standar operasional prosedur dan kualitas pelayanan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Imigrasi Klas I TPI Bandar Lampung.
Â
Penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 39 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu: 2 (dua) variabel bebas (X1 dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana standar operasional prosedur (X1) dan kualitas pelayanan (X2) sebagai variabel bebas dan kinerja pegawai (Y) sebagai variabel terikat.
Â
Dari hasil pengolahan data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh standar operasional prosedur (X1) terhadap kinerja pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 83,8% Terdapat pengaruh kualitas pelayanan (X2) terhadap kinerja pegawai (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 83,6%. Terdapat pengaruh standar operasional prosedur (X1) dan kualitas pelayanan (X2) secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 84,0%.
Â
Kata kunci: Â Â Â Standar operasional prosedur, kualitas pelayanan, kinerja
                        pegawai
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
ABSTRACT
Â
Â
THE INFLUENCE OF OPERATIONAL PROCEDURE STANDARDS
AND SERVICE QUALITY TOWARD PERFORMANCE
EMPLOYEE'S AT KANTOR IMIGRASI KLAS I
TEMPAT PEMERIKSAAN IMIGRASI (TPI)
BANDAR LAMPUNG
Â
By
Indah Novita Sari
Â
Â
Public services provided by government agencies to the public are the embodiment of the function of the state apparatus as public servants. Therefore, automatically various public service facilities must be brought closer to the community, so that they are easily accessible by the community. This study aims to determine the effect of standard operating procedures and service quality on employee performance at Kantor Imigrasi Klas I TPI Bandar Lampung.
Â
The research conducted was quantitative descriptive research. This study used 39 research respondents. There are three variables in this study, namely: 2 (two) independent variables (X1 and X2) and 1 (one) dependent variable where standard operating procedures (X1) and service quality (X2) are independent variables and employee performance (Y) as variables bound.
Â
From the results of data processing, the following hypothesized answers have been found; there is the influence of standard operating procedures (X1) on employee performance (Y), with a level of influence of 83.8%. There is an influence of service quality (X2) on employee performance (Y) with a level of influence of 83.6%. There is an influence of standard operating procedures (X1) and service quality (X2) together on employee performance (Y), with an influence level of 84.0%.
Â
Keywords: Standard operating procedures, service quality, performance
                  employee
Article Metrics
Abstract view : 781 times
Untitled : 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Abstract
Â
Â
Â
Â
ABSTRAK
Â
Â
PENGARUH STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KINERJA
PEGAWAI PADA KANTOR IMIGRASI KELAS I
TEMPAT PEMERIKSAAN IMIGRASI (TPI)
 BANDAR LAMPUNG
Â
Oleh
Indah Novita Sari
Â
Â
Pelayanan publik yang diberikan instansi Pemerintah kepada masyarakat merupakan perwujudan fungsi aparatur negara sebagai abdi masyarakat. Oleh sebab itu, secara otomatis berbagai fasilitas pelayanan publik harus lebih didekatkan pada masyarakat, sehingga mudah dijangkau oleh masyarakat.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh standar operasional prosedur dan kualitas pelayanan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Imigrasi Klas I TPI Bandar Lampung.
Â
Penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 39 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu: 2 (dua) variabel bebas (X1 dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana standar operasional prosedur (X1) dan kualitas pelayanan (X2) sebagai variabel bebas dan kinerja pegawai (Y) sebagai variabel terikat.
Â
Dari hasil pengolahan data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh standar operasional prosedur (X1) terhadap kinerja pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 83,8% Terdapat pengaruh kualitas pelayanan (X2) terhadap kinerja pegawai (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 83,6%. Terdapat pengaruh standar operasional prosedur (X1) dan kualitas pelayanan (X2) secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 84,0%.
Â
Kata kunci: Â Â Â Standar operasional prosedur, kualitas pelayanan, kinerja
                        pegawai
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
ABSTRACT
Â
Â
THE INFLUENCE OF OPERATIONAL PROCEDURE STANDARDS
AND SERVICE QUALITY TOWARD PERFORMANCE
EMPLOYEE'S AT KANTOR IMIGRASI KLAS I
TEMPAT PEMERIKSAAN IMIGRASI (TPI)
BANDAR LAMPUNG
Â
By
Indah Novita Sari
Â
Â
Public services provided by government agencies to the public are the embodiment of the function of the state apparatus as public servants. Therefore, automatically various public service facilities must be brought closer to the community, so that they are easily accessible by the community. This study aims to determine the effect of standard operating procedures and service quality on employee performance at Kantor Imigrasi Klas I TPI Bandar Lampung.
Â
The research conducted was quantitative descriptive research. This study used 39 research respondents. There are three variables in this study, namely: 2 (two) independent variables (X1 and X2) and 1 (one) dependent variable where standard operating procedures (X1) and service quality (X2) are independent variables and employee performance (Y) as variables bound.
Â
From the results of data processing, the following hypothesized answers have been found; there is the influence of standard operating procedures (X1) on employee performance (Y), with a level of influence of 83.8%. There is an influence of service quality (X2) on employee performance (Y) with a level of influence of 83.6%. There is an influence of standard operating procedures (X1) and service quality (X2) together on employee performance (Y), with an influence level of 84.0%.
Â
Keywords: Standard operating procedures, service quality, performance
                  employee